Beranda Habar Provinsi Kalsel Habar Kotabaru Indocement Gelar Webinar Tanggap...

Indocement Gelar Webinar Tanggap Bencana

Terbaru

Kotabaru – Sebagai salah satu bentuk kepedulian dalam meningkatkan pengetahuan tentang tanggap darurat bencana khususnya Tim Tanggap Darurat Bencana, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan webinar tanggap bencana banjir dan Karhutla dengan mengusung tema “Manajemen Bencana dan Peran Relawan dalam Penanggulangan Bencana Banjir & Karhutla” Selasa pagi (19/10/21) melalui aplikasi Zoom.

Seminar diikuti oleh para relawan di Kabupaten Kotabaru dan perwakilan Desa Tarjun, Serongga, Tegalrejo, Langadai, Sidomulyo, Cantung Kiri Hilir, Sungai Kupang, mitra Indocement yang berada di sekitar area pabrik Indocement.

Selain itu, turut serta lembaga pendidikan terdiri dari tenaga pengajar, dosen dan mahasiswa, beberapa Perguruan Tinggi di Kalsel seperti Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Uniska, Poliban dan Politeknik Kotabaru serta para dewan guru bersama siswa SMKN 2 Kotabaru, SMKS Kodeco, SMKS Yasmen serta Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung Kelumpang Hulu.

IMG 20211019 WA0109

Lathif Faham Fauzi selaku narasumber kegiatan dari BPBD Kotabaru didampingi moderator Sudirman Noor dan Asrori Al Fakih dari Indocement Tarjun.

Dalam kesempatannya, dijelaskan oleh Lathif Faham Fauzi bahwa, potensi bencana khususnya di Kabupaten Kotabaru dan sekitarnya mesti dilakukan dengan prinsip tanggap, tangguh dan tangkas. Disamping itu, ia juga menyampaikan berkenaan dengan bagaimana seharusnya penanggulangan bencana itu dilakukan.

“Peran relawan dalam penyelanggaraan penanggulangan bencana diatur dalam Peraturan Kepala BNPB Nomor 17 tahun 2011, sehingga diharapkan para relawan dapat berperan aktif sesuai kewajibannya dengan menerapkan prinsip kerja relawan dan memenuhi panca darma relawan,” imbuhnya.

IMG 20211019 WA0107

Sementara Management Indocement H. Teguh Iman Basoeki mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan salah satu rangkaian kegiatan Safety Week 2021, Indocement Tarjun menggelar virtual learning berbentuk webinar kesiagaan tanggap darurat penanganan bencana bagi masyarakat.

“Materi webinar yang diberikan berupa pengetahuan seputar pengenalan potensi dan upaya pencegahan dan penanggulangan dini dari resiko potensi bahaya, kesiagaan tanggap darurat, penanganan bencana banjir dan Karhutla,” tuturnya.

Selain itu, peserta mendapatkan pendalaman seputar materi bidang K3 berupa pemberian teori dan praktik secara virtual dan peserta juga dilatih dan diberikan pengetahuan untuk dapat menganalisa potensi resiko bahaya, mengendalikan resiko bahaya dan tanggap darurat dalam penanganan bencana yang pemaparannya juga dikemas dengan penayangan video.

Salah satu peserta selaku tenaga pendidik dari SMKN 2 Kotabaru, Agus Rusbandi sangat mengapresiasi kegiatan yang terselenggara, tentu tak lepas dari peran Indocement dan BPBD untuk dapat melaksanakannya.

“Menjadi harapan webinar ini dapat  menjadi pedoman dalam peningkatan pengetahuan dan kompetensi dibidang K3 dan tanggap dalam penanganan bencana, juga tentunya dapat bermanfaat bagi peserta didik. Intinya, webinar ini bagus sekali, diakhiri dengan beragam pertanyaan dan diskusi menarik yang dibahas oleh moderator dengan pembicara serta peserta audien yang hadir,” tutupnya.

Trending Minggu Ini

Plang Larangan Buang Sampah Hanya Jadi Pajangan

Imbauan larangan membuang sampah disertai ancaman sanksi tegas, nampak tak cukup ampuh untuk masyarakat benar-benar tidak membuang sampah yang bukan pada tempatnya.Salah satunya yang...

Debit Air Naik, HST Siaga 1 Banjir

HST,- Hujan dengan intensitas tinggi melanda Hulu Sungai Tengah (HST), subuh, Minggu (28/11/2021).Menurut informasi yang beredar di Instagram BPBD Hulu sungai tengah, Pj Sekretariat...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kamu mungkin juga suka

Kapolres Kotabaru Bantu Korban Banjir Di HST

Kotabaru,- Polres Kotabaru beserta PJU Polres Kotabaru melepas armada bantuan 100 paket sembako untuk korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (01/12/2021).Paket...

TNI Angkatan Laut Adakan Khitanan Massal

Kotabaru,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Kotabaru mengelar kegiatan bakti maritim berupa Khitanan Massal, kegiatan dalam rangka menyambut Hari Armada  ke 76 yang diperingati...

Desa Dirgahayu Panen Ubi Jalar dan Ikan Lele

Kotabaru,- Desa Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru mengadakan kegiatan panen ubi jalar dan ikan lele Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) bertempat...

Nasrullah Lantik Pengurus MUI Kotabaru

Kotabaru,- Pengukuhan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kotabaru masa Khitmat 2021 - 2026, Bertempat di Gedung Islamic Center Kotabaru, Minggu (28/11/2021).Pengukuhan ini...