Beranda Habar Banjar Bendungan Riam Kiwa Masuki...

Bendungan Riam Kiwa Masuki Tahap LARAP

Terbaru

Bendungan riam kiwa yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kalimantan Selatan, kini telah memasuki tahap LARAP (Land Acquisition And Resettlement Action Plan).

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Banjar, H M Hilman, Saat rapat pembahasan kebutuhan Lahan Bendungan Riam Kiwa Kabupaten Banjar di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pembangunan bendungan Riam Kiwa  direncanakan akan dimulai pada tahun 2021, H M Hilman mengatakan program pembangunan bendungan riam kiwa adalah bagian proyek strategis nasional untuk pengendalian air di daerah Kabupaten Banjar.

IMG20201103162841 compress56

“Bendungan riam kiwa ini sudah lama dinantikan pembangunannya untuk pengendalian banjir dan tata kelola air di dua sungai besar yang ada di riam kanan dan riam kiwa,” katanya.

KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

Proyek strategis nasional Bendungan Riam Kiwa ini lanjut Hilman, dalam tahap LARAP (Land Acquisition And Resettlement Action Plan), karena itu pihaknya diundang dalam rapat tersebut.

Selain untuk pengendalian banjir, manfaat lain dari Bendungan Riam Kiwa ini adalah untuk pariwisata, pertanian, perkebunan dan sebagainya agar bisa dinikmati masyarakat Kabupaten Banjar.

Hilman menambahkan titik pembangunan bendungan sendiri rencananya bergeser dari rencana awal di Desa Mangkauk, Kecamatan Pengaron ke Desa Angkipih, Kecamatan Paramasan.

“Titik bendung dipilih di Desa Angkipih, bukan di Desa Mangkauk karena pertimbangan untuk menghindari luasnya wilayah pemukiman yang terendam, jadi dipilih agak ke hulu,” jelasnya.

Total luas daerah yang terendam di belakang titik bendung sendiri kata Hilman, hampir 800 hektar dan sekitar 6 hektar diantaranya yang akan dibebaskan merupakan lahan yang dikuasai masyarakat desa Angkipih.

Sementara itu Seksi Bidang Penataan dan Pemberdayaan Masyarakat ATR/BPN Kabupaten Banjar, Henry mengatakan pihaknya bersedia turut membantu mensukseskan pembangunan Bendungan Riam Kiwa.

“Sesuai tugas pokok fungsi ATR/BPN Kabupaten Banjar, kami siap mendukung dan membantu mensukseskan persiapan pembangunan bendungan Riam Kiwa,” pungkasnya.

Trending Minggu Ini

Warga Datangi DPRD Balangan, Izin Pertambangan Pasir Dipertanyakan

Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk pertanyakan izin galian C dari pertambangan pasir...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Pangeran Khairul Saleh Bongkar Dugaan Izin ‘Bodong’ Perusahaan Tambang

Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia bersama Komisi III DPR RI, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh,...

Kamu mungkin juga suka

Pemulihan Ekonomis Masyarakat Topik Utama Rakor Mingguan

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan penghargaan Program Bangga Kencana dan Penghargaan Pendataan Keluarga Tahun 2021. Piagam diserahkan pada rapat koordinasi mingguan di Aula...

PD.PBB Lakukan Penataan Lapak Pedagang Pasca Musibah Kebakaran

Pasca musibah kebakaran di Pasar Bauntung Batuah, Kota Martapura yang menghanguskan puluhan lapak milik Pedagang Kaki Lima (PKL) pada (04/06/2021) lalu, kini sejumlah pedagang...

Badrul : Sudah Pernah di Laporkan, Penanganan Hukum Terkesan Lambat

Salah satu aktivis lingkungan yang juga seorang advokat, Badrul Ain Sanusi l Afif, SH, MH menyatakan terkait tambang - tambang ilegal di Kalimantan Selatan...

Pangeran Khairul Saleh Bongkar Dugaan Izin ‘Bodong’ Perusahaan Tambang

Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia bersama Komisi III DPR RI, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh,...