Beranda Habar Banjar Bendungan Riam Kiwa Masuki...

Bendungan Riam Kiwa Masuki Tahap LARAP

Terbaru

Iklan untuk Habar kalimantan
Banner Ucapan Selamat Saidi

Bendungan riam kiwa yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kalimantan Selatan, kini telah memasuki tahap LARAP (Land Acquisition And Resettlement Action Plan).

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Banjar, H M Hilman, Saat rapat pembahasan kebutuhan Lahan Bendungan Riam Kiwa Kabupaten Banjar di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pembangunan bendungan Riam Kiwa  direncanakan akan dimulai pada tahun 2021, H M Hilman mengatakan program pembangunan bendungan riam kiwa adalah bagian proyek strategis nasional untuk pengendalian air di daerah Kabupaten Banjar.

IMG20201103162841 compress56

“Bendungan riam kiwa ini sudah lama dinantikan pembangunannya untuk pengendalian banjir dan tata kelola air di dua sungai besar yang ada di riam kanan dan riam kiwa,” katanya.

ucapan Syamsudinoor Ketua DPC Partai Demokrat balangan

Kepala Desa Balida Balangan

Proyek strategis nasional Bendungan Riam Kiwa ini lanjut Hilman, dalam tahap LARAP (Land Acquisition And Resettlement Action Plan), karena itu pihaknya diundang dalam rapat tersebut.

Selain untuk pengendalian banjir, manfaat lain dari Bendungan Riam Kiwa ini adalah untuk pariwisata, pertanian, perkebunan dan sebagainya agar bisa dinikmati masyarakat Kabupaten Banjar.

Hilman menambahkan titik pembangunan bendungan sendiri rencananya bergeser dari rencana awal di Desa Mangkauk, Kecamatan Pengaron ke Desa Angkipih, Kecamatan Paramasan.

“Titik bendung dipilih di Desa Angkipih, bukan di Desa Mangkauk karena pertimbangan untuk menghindari luasnya wilayah pemukiman yang terendam, jadi dipilih agak ke hulu,” jelasnya.

Total luas daerah yang terendam di belakang titik bendung sendiri kata Hilman, hampir 800 hektar dan sekitar 6 hektar diantaranya yang akan dibebaskan merupakan lahan yang dikuasai masyarakat desa Angkipih.

Sementara itu Seksi Bidang Penataan dan Pemberdayaan Masyarakat ATR/BPN Kabupaten Banjar, Henry mengatakan pihaknya bersedia turut membantu mensukseskan pembangunan Bendungan Riam Kiwa.

“Sesuai tugas pokok fungsi ATR/BPN Kabupaten Banjar, kami siap mendukung dan membantu mensukseskan persiapan pembangunan bendungan Riam Kiwa,” pungkasnya.

Banner Ucapan Selamat Saidi

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kasur Kapuk Di Martapura Tidak Ada Pematinya

Ditengah persaingan pasar khususnya produk kasur modern, Kasur kapuk ternyata masih diminati masyarakat di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Hal ini terbukti, masih eksisnya perajin...
00:02:09

HAUL KE-15 GURU SEKUMPUL

Haul ke-15 Ulama Kharismatik asal Martapura Kabupaten Banjar, KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, diperkirakan dihadiri tidak kurang dari 2...

Kamu mungkin juga suka

Pelaksanaan Pilkades Serentak Telah Ditetapkan

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang prosesnya sempat tertunda lantaran Covid-19 dan bencana alam ini, kembali dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) persiapan Pilkades serentak Tahun...

Sarana Prasana SMP 1 Astambul 80 Persen Rusak

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Astambul, salah satu sekolah yang turut terdampak bencana banjir di Kabupaten Banjar pada pertengahan Januari lalu.Meski kerusakan akibat...

Banjir Rusak Berbagai Sarana dan Prasana Sekolah Di Kabupaten Banjar

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar pada pertengahan Januari lalu, menyebabkan Ratusan gedung sekolah mengalami kerusakan.Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala...

Bupati Banjar Lantik 163 Pengurus DPD KNPI Kabupaten Banjar

Pelantikan Kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar masa bhakti 2021-2023 dan Rakerda dilaksanakan di Mahligai Sultan Adam, Pendopo...