Beranda Habar Banjarbaru Fasilitas Untuk Anggota DPRD...

Fasilitas Untuk Anggota DPRD Banjarbaru Ditengah Pandemi Covid-19 Diduga Dapat Menggerogoti Uang Rakyat

Terbaru

Ditengah refocusing anggaran di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk dana kesehatan penanganan Covid-19, Sekretariat Dewan  Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Banjarbaru, melakukan Pengadaan Personal Komputer pada bulan November 2020 dengan Pagu Anggaran Rp.600.000.000,- dan telah selesai dengan penawaran tender dengan nilai Rp. 597.960.000,-.

Belanja Modal Peralatan dan Mesin Pengadaan Personal Komputer yang diduga dalam bentuk Ipad tersebut, ditanggapi Kelompok Pemerhati Kinerja Aparatur Pemerintah& Parlement (KPK-APP) Kal-Sel merupakan hal yang tidak mendesak dan tak penting saat kondisi seperti ini (pandemi) dalam menunjang kinerja seorang anggota dewan saat ini.

“Itu tidak urgent untuk kegiatan anggota DPRD dan saya pikir hampir semua anggota dewan saat ini sudah memiliki Ipad atau komputer baik di rumah maupun di kantor. Jadi kalau disediakan dimasa masa Indonesia masih diselimuti pandemi itu merupakan hal yang tidak bermanfaat dan hanya menghabiskan uang rakyat,”ucap Aliansyah,Koordinator KPK-APP.

Ditambahkannya, ditengah masa pandemi yang hingga saat ini masih berlangsung, seyogyanya anggaran pemerintah seperti itu dipergunakan untuk penanganan Covid-19, bukan untuk anggaran fasilitas yang tidak bermanfaat bagi masyarakat.

habarkalimantan

“Dengan adanya fasilitas yang tidak bermanfaat untuk kepentingan masyarakat dikondisi seperti ini, sebaiknya dari awal tidak dianggarkan, kalau pun sudah terlanjur kami minta aparat dapat mengusutnya.

Sebab hal seperti ini menurutnya, diduga dapat merupakan suatu upaya untuk memanipulasi,menghamburkan dan menggerogoti uang rakyat,” tegasnya.

Pengadaan Barang yang bersumber dari Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) Perubahan tersebut, juga diduga hingga hari ini belum selesai. Sementara anggaran diduga telah dicairkan melalui keuangan daerah kota Banjarbaru.

“Ini kan sudah lewat tahun, semuanya sudah kami bayar. Untuk pencairan anggaran kalau sudah lengkap sesuai administrasi,kami tidak dapat menolak dan harus melakukan pembayaran,” sebut Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah(BPKAD) Banjarbaru , Zainuddin.

Ditambahkannya, terkait pengadaan barang dalam bentuk Ipad dari Sekwan DPRD Banjarbaru tersebut, Zainuddin mengaku tidak ingat dengan jelas jenis barang yang dianggarkan semua SKPD pada Tahun 2020 lalu.

Namun,semua anggaran pengadaan barang di seluruh SKPD lingkup Pemko Banjarbaru, kembali ditegaskannya bahwa sudah dibayarkan sesuai dengan persyaratannya.

“Kita tidak tahu yang mana barangnya, jelasnya semua SKPD pengadaan barangnya untuk tahun 2020 sudah kami bayarkan,”pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Banjarbaru Aida Yunani, saat akan dikonfirmasi perihal dugaan ini, Jumat (12/3/2021) tak berada di tempat kerja, dihubungi melalui sambungan telepon dan pesan WhatsApp pun hingga berita ini diturunkan tidak ada jawaban darinya.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Pemerintah Gulirkan Subsidi Untuk Pekerja, Ini Syaratnya

REDAKSI8.COM - Pemerintah memastikan akan mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh (BSU) di tahun 2021.Bantuan ini diharapkan dapat mencegah...

Mengolah Tanah Rawa Jadi Media Tanam

Usaha jual media tanam yang dilakukan warga Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini terbilang cukup unik.Hanya dengan mengolah campuran tanah rawa...

Kamu mungkin juga suka

Ingin Tahu 6 Prioritas Pembangunan Kabupaten Balangan Tahun 2022? Cek di...

Balangan - Wakil Bupati Balangan, H Supiani sampaikan Enam prioritas pembangunan Kabupaten Balangan pada tahun 2022, dalam rapat paripurna, pada Senin (26/7/2021).Rapat Paripurna...

Penerapan PPKM Level IV, Pemerintah Harus Perhatikan Perputaran Ekonomi

Kota Banjarbaru masuk kedalam daftar Kabupaten/Kota yang berada di luar Jawa-Bali yang turut melaksanakan Pembatasan. Meski sempat dibatalkan Penerapan PPKM Level III di Kota Banjarbaru,...

Aturan Lengkap Kalau PPKM Level IV di Laksanakan di Banjarbaru

Pemerintah Kota Banjarbaru rencananya akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, pada tanggal 26 Juni hingga 08 Agustus 2021 Mendatang, lalu bagaimanakah...

Penerapan PPKM Level IV Segera di Laksanakan di Banjarbaru

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV rencananya akan diterapkan Pemerintah Kota Banjarbaru pada tanggal 26 Juli 2021 hingga 08 Agustus 2021 mendatang.Hal ini...