Beranda Habar Utama Haris - Ilham Ingin...

Haris – Ilham Ingin Potensi-Potensi Wisata Banjarmasin “Bangkit”

Terbaru

Antusiasme Warga Kampung Biru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin menyambut kedatangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie – Ilham Nor dilakukan dengan memainkan alunan musik khas Banjar, Rabu (16/9/2020).

Sesampainya di Kampung Biru, pasangan dengan tagline “Banjarmasin Bangkit (Kebanggaan Kita)” ini dijamu kuliner Soto Banjar dan the es manis ala Warung Apung.

Warung Apung sendiri merupakan tempat makan lesehan pada umumnya. Hanya saja, warung ini dibangun agar bisa mengapung di atas Sungai Martapura. Sensasi makan di atas Warung Apung inipun berbeda dari warung pada umumnya yang berada di daratan.

Pasangan Haris – Ilham ingin Potensi wisata kuliner seperti inilah yang hendak disempurnakan. Karena menurut Haris, Warung Apung ini adalah aset wisata potensial yang dimiliki Kampung Biru.

IMG 20200916 WA0131 732x385 1
WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

“Tentu kalau ini kita kembangkan secara terencana dengan baik dan terkoordinasi dengan baik, kemudian dikelola dengan baik, ini akan menjadi potensi pariwisata luar biasa. Di daerah lain mungkin sulit mencari tempat makan di atas air secara terapung,” terang Haris.

ia bersama dengan Ilham ingin membangkitkan dan menata kehidupan perekonomian warga khususnya di Kampung Biru agar bisa berputar pada porosnya.

”Kita juga akan membangun dermaga di sini, sehingga kehidupan ekonomi masyarakat yang beroperasi di transportasi air juga bisa hidup,” tambah Haris.

Selain itu, Haris – Ilham juga ingin menghidupkan wisata berbasis sungai untuk membangun image (citra) Banjarmasin. Hal ini dilakukan agar Kota Banjarmasin mempunyai ciri khas sendiri.

Tidak hanya itu, di Kampung Biru ini juga ada pengrajin sasirangan, pengrajin sabun cuci piring dan pakaian dari bahan minyak jelantah atau minyak lanjar. Namun potensi ekonomi kreatif seperti ini belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Hal ini juga menjadi perhatian bagi Haris-Ilham.

“Saya sudah tanya belum ada bimbingan atau pembinaan dari Kemendag. Kreativitas masyarakat seperti ini harus dapat perhatian. Oleh karena itu, tentu ini menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan bimbingan,” pungkas Haris.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ilham Nor menambahkan akan menata konsep wisata berbasis sungai itu serapi mungkin, baik itu dari segi desain yang bercirikan khas Banjarmasin, maupun keamanan para pengunjung.

“Kita akan bikin sentra kuliner apung, kita tata, kita kemas, sehingga ini menarik wisatawan dan konsumen. Untuk di dermaga itu kita siapkan perahu perahu sekitar sini sebagai tambahan penghasilan mereka, sehingga kehidupan ekonomi masyarakat disini bisa hidup dan berputar,” jelas Ilham.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Kamu mungkin juga suka

Rakercab PDIP Kotabaru Dengan Prokes

Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan(PDIP) Kotabaru digelar secara Daring, Sabtu 10/4/2021.Mengusung tema “Kesiapan PDIP Kotabaru dalam pemilu 2024” Rakercab ini diikuti...

Polsek Astambul Amankan Sabu Senilai Rp 4 Miliar

Konferensi pers ungkap kasus narkotika jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 2,5 kg atau senilai Rp. 4 Miliar digelar di halaman Polsek Astambul, Senin (29/03/2021)...

PSU Di 5 Kecamatan,Komisioner KPU Kabupaten Banjar Diminta Mundur

Pemilihan Suara Ulang (PSU) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, diputuskan di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dilaksanakan di  Tujuh Kecamatan yang ada di KalSel.Kecamatan...

Fasilitas Untuk Anggota DPRD Banjarbaru Ditengah Pandemi Covid-19 Diduga Dapat Menggerogoti...

Ditengah refocusing anggaran di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk dana kesehatan penanganan Covid-19, Sekretariat Dewan  Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Banjarbaru, melakukan Pengadaan Personal...