Beranda Habar Utama Haris - Ilham Ingin...

Haris – Ilham Ingin Potensi-Potensi Wisata Banjarmasin “Bangkit”

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Antusiasme Warga Kampung Biru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin menyambut kedatangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie – Ilham Nor dilakukan dengan memainkan alunan musik khas Banjar, Rabu (16/9/2020).

Sesampainya di Kampung Biru, pasangan dengan tagline “Banjarmasin Bangkit (Kebanggaan Kita)” ini dijamu kuliner Soto Banjar dan the es manis ala Warung Apung.

Warung Apung sendiri merupakan tempat makan lesehan pada umumnya. Hanya saja, warung ini dibangun agar bisa mengapung di atas Sungai Martapura. Sensasi makan di atas Warung Apung inipun berbeda dari warung pada umumnya yang berada di daratan.

Pasangan Haris – Ilham ingin Potensi wisata kuliner seperti inilah yang hendak disempurnakan. Karena menurut Haris, Warung Apung ini adalah aset wisata potensial yang dimiliki Kampung Biru.

IMG 20200916 WA0131 732x385 1

“Tentu kalau ini kita kembangkan secara terencana dengan baik dan terkoordinasi dengan baik, kemudian dikelola dengan baik, ini akan menjadi potensi pariwisata luar biasa. Di daerah lain mungkin sulit mencari tempat makan di atas air secara terapung,” terang Haris.

ia bersama dengan Ilham ingin membangkitkan dan menata kehidupan perekonomian warga khususnya di Kampung Biru agar bisa berputar pada porosnya.

”Kita juga akan membangun dermaga di sini, sehingga kehidupan ekonomi masyarakat yang beroperasi di transportasi air juga bisa hidup,” tambah Haris.

Selain itu, Haris – Ilham juga ingin menghidupkan wisata berbasis sungai untuk membangun image (citra) Banjarmasin. Hal ini dilakukan agar Kota Banjarmasin mempunyai ciri khas sendiri.

Tidak hanya itu, di Kampung Biru ini juga ada pengrajin sasirangan, pengrajin sabun cuci piring dan pakaian dari bahan minyak jelantah atau minyak lanjar. Namun potensi ekonomi kreatif seperti ini belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Hal ini juga menjadi perhatian bagi Haris-Ilham.

“Saya sudah tanya belum ada bimbingan atau pembinaan dari Kemendag. Kreativitas masyarakat seperti ini harus dapat perhatian. Oleh karena itu, tentu ini menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan bimbingan,” pungkas Haris.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ilham Nor menambahkan akan menata konsep wisata berbasis sungai itu serapi mungkin, baik itu dari segi desain yang bercirikan khas Banjarmasin, maupun keamanan para pengunjung.

“Kita akan bikin sentra kuliner apung, kita tata, kita kemas, sehingga ini menarik wisatawan dan konsumen. Untuk di dermaga itu kita siapkan perahu perahu sekitar sini sebagai tambahan penghasilan mereka, sehingga kehidupan ekonomi masyarakat disini bisa hidup dan berputar,” jelas Ilham.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Kamu mungkin juga suka

Presiden Melihat Banjir Kalsel Dari Atas Jembatan Pekauman

Di tengah guyuran hujan, Presiden RI Jokowidodo tiba di lokasi banjir desa pekauman kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan,Senin(18/1/2021).Dari atas jembatan pekauman, Jokowi...

Jembatan KM 55 Kembali Ambruk, Jalan Nasional Ditutup Sementara

Jembatan di Jalan Nasional KM 55 Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar kembali ambruk  setelah diterjang arus banjir, Minggu (17/1/2021).Tak sampai disitu,jembatan yang dilakukan perbaikan darurat...

Hujan Deras, Jembatan Utama Putus, Jalan Alternatif Terendam

Hujan lebat yang berlangsung cukup lama mengguyur Kabupaten Banjar tidak hanya menyebabkan pemukiman di sejumlah Kecamatan terendam banjir, luapan air ini pun sempat mengakibatkan...

Sriwijaya Air SJY 182 Rute Jakarta – Pontianak Hilang Kontak

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta - Pontianak bernomor penerbangan SJY 182 hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu (9/1/2021).“Telah terjadi ‘lost contact’ pesawat udara...