Beranda Habar Utama Hujan Deras, Jembatan Utama...

Hujan Deras, Jembatan Utama Putus, Jalan Alternatif Terendam

Terbaru

Hujan lebat yang berlangsung cukup lama mengguyur Kabupaten Banjar tidak hanya menyebabkan pemukiman di sejumlah Kecamatan terendam banjir, luapan air ini pun sempat mengakibatkan putusnya akses jalan.

Jembatan di Jalan A. Yani yang berada di perbatasan Desa Bawahan Pasar, Kecamatan Mataraman dan Desa Banua Anyar, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar terputus pada Kamis pagi (14/01/2021) sehingga terputusnya akses jalan nasional ini.

Kasatlantas Polres Banjar, AKP Faisal Rahman mengungkapkan, saat ini untuk jalan nasional penghubung Martapura-Hulu Sungai ini tak bisa dilewati.

IMG 20210114 WA0019

“Jalan alternatif pun terendam air setinggi pinggang orang dewasa yang dapat merendam mesin. Otomatis akses jalan provinsi menuju Martapura ke Hulu Sungai atau sebaliknya terputus,” katanya.

habarkalimantan

Bahkan hingga saat ini, terjangan air dari sungai Riam Kiwa ini sedikit demi sedikit terus mengikis jalan sehingga kerusakan pondasi jembatan ini terus melebar sejak ambrol sekitar jam setengah enam pagi.

Kasat Lantas ini juga menghimbau agar masyarakat mengurungkan niat untuk bepergian dari Martapura ke Hulu Sungai maupun sebaliknya karena kondisinya saat ini tak memungkinkan.

“Kami himbau masyarakat tetap di rumah saja dulu, jangan bepergian karena kondisi tidak memungkinkan dan jalan Ahmad Yani lumpuh total,” ucapnya.

Pihaknya lanjut AKP Faisal Rahman sedang berkoordinasi dengan Satlantas Polres Tapin untuk pembukaan jalur alternatif penghubung lewat Jalan Batola-Tapin.

IMG 20210114 WA0014

Sementara itu Fahmi, warga Desa Banua Anyar, tak jauh dari lokasi jembatan ini mengungkapkan sehari sebelumnya bagian bawah siring sudah mulai terkikis derasnya air.

“Kita mengira di bagian seberang yang jebol karena terkikis, ternyata di sebelah sini yang runtuh,” ujarnya.

Untung saat itu lanjut Fahmi, arus jalan tidak padat karena banyak pengendara yang bertahan untuk menyeberang jembatan tersebut.

IMG 20210114 WA0023

Pengguna jalan pun terpaksa tak bisa menyeberang, salah satunya adalah Fahrul, warga Astambul.

Fahrul mengaku ingin ke Selan mendatangi rumah sewaan miliknya yang kemungkinan terendam banjir dan sudah mengetahui perihal terputusnya akses jalan ini.

“Tapi kita tak bisa lewat lagi, padahal pagi tadi masih bisa, sekarang tak diizinkan polisi. Jadi kita menunggu apakah ada tindakan dari pihak terkait,” ungkapnya.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

Sanksi Rp100.000 Tidak Memakai Masker Di Martapura, HOAX

Pesan singkat di media sosial WhatsApp yang beredar dengan menyebutkan adanya razia masker serentak di depan Pemda Banjar dengan sanksi denda Rp100 ribu bagi...

Kamu mungkin juga suka

Jokowi : Cari Obat Antivirus Oseltamivir, Enggak Ada, Favipiravir Juga Enggak...

REDAKSI8.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi salah satu apotek di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/07/2021). Presiden hendak mengecek ketersediaan beberapa jenis...

India Terpapar Jamur Hitam, Indonesia Bagaimana?

Infeksi Jamur Hitam menjadi salah satu penyumbang angka kematian tertinggi di India dalam beberapa waktu terakhir, terlebih selama masa Pandemi Covid-19.Bahkan, tercatat dalam...

Pemerintah Gulirkan Subsidi Untuk Pekerja, Ini Syaratnya

REDAKSI8.COM - Pemerintah memastikan akan mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh (BSU) di tahun 2021.Bantuan ini diharapkan dapat mencegah...

Insentif Untuk 97 Ribu Nakes Dari 914 Fasilitas Kesehatan Harus...

Kementerian Kesehatan menegaskan insentif bagi tenaga kesehatan adalah hak mereka yang wajib dipenuhi oleh pemerintah.Karena itu ditegaskan oleh pihak Kementerian Kesehatan seperti dilansir dari...