Beranda Habar Utama Hujan Deras, Jembatan Utama...

Hujan Deras, Jembatan Utama Putus, Jalan Alternatif Terendam

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Hujan lebat yang berlangsung cukup lama mengguyur Kabupaten Banjar tidak hanya menyebabkan pemukiman di sejumlah Kecamatan terendam banjir, luapan air ini pun sempat mengakibatkan putusnya akses jalan.

Jembatan di Jalan A. Yani yang berada di perbatasan Desa Bawahan Pasar, Kecamatan Mataraman dan Desa Banua Anyar, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar terputus pada Kamis pagi (14/01/2021) sehingga terputusnya akses jalan nasional ini.

Kasatlantas Polres Banjar, AKP Faisal Rahman mengungkapkan, saat ini untuk jalan nasional penghubung Martapura-Hulu Sungai ini tak bisa dilewati.

IMG 20210114 WA0019

“Jalan alternatif pun terendam air setinggi pinggang orang dewasa yang dapat merendam mesin. Otomatis akses jalan provinsi menuju Martapura ke Hulu Sungai atau sebaliknya terputus,” katanya.

Bahkan hingga saat ini, terjangan air dari sungai Riam Kiwa ini sedikit demi sedikit terus mengikis jalan sehingga kerusakan pondasi jembatan ini terus melebar sejak ambrol sekitar jam setengah enam pagi.

Kasat Lantas ini juga menghimbau agar masyarakat mengurungkan niat untuk bepergian dari Martapura ke Hulu Sungai maupun sebaliknya karena kondisinya saat ini tak memungkinkan.

“Kami himbau masyarakat tetap di rumah saja dulu, jangan bepergian karena kondisi tidak memungkinkan dan jalan Ahmad Yani lumpuh total,” ucapnya.

Pihaknya lanjut AKP Faisal Rahman sedang berkoordinasi dengan Satlantas Polres Tapin untuk pembukaan jalur alternatif penghubung lewat Jalan Batola-Tapin.

IMG 20210114 WA0014

Sementara itu Fahmi, warga Desa Banua Anyar, tak jauh dari lokasi jembatan ini mengungkapkan sehari sebelumnya bagian bawah siring sudah mulai terkikis derasnya air.

“Kita mengira di bagian seberang yang jebol karena terkikis, ternyata di sebelah sini yang runtuh,” ujarnya.

Untung saat itu lanjut Fahmi, arus jalan tidak padat karena banyak pengendara yang bertahan untuk menyeberang jembatan tersebut.

IMG 20210114 WA0023

Pengguna jalan pun terpaksa tak bisa menyeberang, salah satunya adalah Fahrul, warga Astambul.

Fahrul mengaku ingin ke Selan mendatangi rumah sewaan miliknya yang kemungkinan terendam banjir dan sudah mengetahui perihal terputusnya akses jalan ini.

“Tapi kita tak bisa lewat lagi, padahal pagi tadi masih bisa, sekarang tak diizinkan polisi. Jadi kita menunggu apakah ada tindakan dari pihak terkait,” ungkapnya.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Kamu mungkin juga suka

Presiden Melihat Banjir Kalsel Dari Atas Jembatan Pekauman

Di tengah guyuran hujan, Presiden RI Jokowidodo tiba di lokasi banjir desa pekauman kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan,Senin(18/1/2021).Dari atas jembatan pekauman, Jokowi...

Jembatan KM 55 Kembali Ambruk, Jalan Nasional Ditutup Sementara

Jembatan di Jalan Nasional KM 55 Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar kembali ambruk  setelah diterjang arus banjir, Minggu (17/1/2021).Tak sampai disitu,jembatan yang dilakukan perbaikan darurat...

Sriwijaya Air SJY 182 Rute Jakarta – Pontianak Hilang Kontak

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta - Pontianak bernomor penerbangan SJY 182 hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu (9/1/2021).“Telah terjadi ‘lost contact’ pesawat udara...

Kabupaten Banjar Saat ini Tidak Perlu PSBB

Kabar Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) yang akan diberlakukan di setiap daerah yang ada di Indonesia, pada 11 hingga 25 januari mendatang, ditampik Pemerintah Daerah...