Beranda Habar Utama Pilkada Serentak, Badrul Ain...

Pilkada Serentak, Badrul Ain Sanusi Tegas Imbau Masyarakat Jauhi Praktek Politik Uang

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu 9 Desember 2020 Besok mendapat perhatian dari Pengamat hukum asal Kalimantan Selatan, Badrul Ain Sanusi Al Afif.

Pria yang akrab disapa Ibad ini mengingatkan agar masyarakat Kalimantan Selatan dalam melakukan pencoblosan Pilkada serentak yang jatuh pada hari Rabu 9 besok, untuk tidak menerima uang dari Pasangan Calon (Paslon) apapun alasannya.

Menurutnya, secara hukum positif yang berlaku di negara Indonesia, perbuatan pemberian uang dari paslon maupun tim paslon untuk mengarahkan suara masyarakat memilih, adalah perbuatan yang melanggar hukum.

“Secara hukum positif, itu masuk ranah pidana, bisa dihukum, kan ironis, terima tidak seberapa, tapi masuk penjara,” cetus pria yang juga menjabat sebagai Ketua Parlemen Jalanan ini.

IMG 20201208 WA0024
Pengamat hukum asal Kalimantan Selatan, Badrul Ain Sanusi Al Afif.

Selain itu, dalam hukum agama tegasnya, perbuatan suap menyuap, sogok menyogok jelas sudah perbuatan salah dan menimbulkan dosa kepada pelakunya.

“Itu (sogok) haram!! tidak beberkah uang yang kita terima, apalagi sampai dimakan  kepada keluarga dirumah, jangan terima, jangan dipilih paslon yang melakukan hal tersebut,” bebernya.

Karena tambahnya, apabila Paslon melakukan praktek kecurangan seperti menyogok untuk meraih suara, maka terindikasi kuat saat ia memimpin akan melakukan kecurangan – kecurangan.

“Kalau tidak ingin dibunguli (di bodohi) pemimpin, jangan pilih pemimpin yang melakukan praktik kecurangan saat akan memimpin, kalau tetap memilih, dan Paslon itu menang dan memimpin, jangan mengeluh saat kalian dibungulinya,” tegasnya.

Badrul menghimbau, agar masyarakat saat memilih mengutamakan paslon yang mempunyai sifat Rasulullah, Siddiq ( jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan), Fathonah (cerdas).

Saat ditanyakan kalau semua paslon atau tim paslon bermain sogok? Badrul tegas menyampaikan, kalau hal itu terjadi, maka pilihlah pemimpin yang mudharatnya lebih kecil.

IMG 20201208 WA0023 edited
Ist Instagram @bawaluri

Patokannya? Menurut Badrul lihatlah kepada semua paslon, mana yang lebih banyak mempunyai 4 sifat Rasulullah, pilihlah paslon tersebut.

“Pilih pemimpin yang punya konsep, mengedepankan kesungguhan untuk membangun, dan tidak curang, jangan pilih pemimpin karena diberi uang,” cetusnya.

Ia juga mengingatkan, agar masyarakat saat mengikuti proses pencoblosan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan gerakan 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Kamu mungkin juga suka

Presiden Melihat Banjir Kalsel Dari Atas Jembatan Pekauman

Di tengah guyuran hujan, Presiden RI Jokowidodo tiba di lokasi banjir desa pekauman kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan,Senin(18/1/2021).Dari atas jembatan pekauman, Jokowi...

Jembatan KM 55 Kembali Ambruk, Jalan Nasional Ditutup Sementara

Jembatan di Jalan Nasional KM 55 Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar kembali ambruk  setelah diterjang arus banjir, Minggu (17/1/2021).Tak sampai disitu,jembatan yang dilakukan perbaikan darurat...

Hujan Deras, Jembatan Utama Putus, Jalan Alternatif Terendam

Hujan lebat yang berlangsung cukup lama mengguyur Kabupaten Banjar tidak hanya menyebabkan pemukiman di sejumlah Kecamatan terendam banjir, luapan air ini pun sempat mengakibatkan...

Tiga Kasi Di Kejari Banjar Serah Terima Jabatan

Tiga pejabat Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar yakni, Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Kasi Pidana Khusus,(Pidsus) dan Kasi Tindak Pidana Umum(Tipidum) mengalami pergantian.Pergantian tiga Kasi...