Beranda Habar Utama Pilkada Serentak, Badrul Ain...

Pilkada Serentak, Badrul Ain Sanusi Tegas Imbau Masyarakat Jauhi Praktek Politik Uang

Terbaru

Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu 9 Desember 2020 Besok mendapat perhatian dari Pengamat hukum asal Kalimantan Selatan, Badrul Ain Sanusi Al Afif.

Pria yang akrab disapa Ibad ini mengingatkan agar masyarakat Kalimantan Selatan dalam melakukan pencoblosan Pilkada serentak yang jatuh pada hari Rabu 9 besok, untuk tidak menerima uang dari Pasangan Calon (Paslon) apapun alasannya.

Menurutnya, secara hukum positif yang berlaku di negara Indonesia, perbuatan pemberian uang dari paslon maupun tim paslon untuk mengarahkan suara masyarakat memilih, adalah perbuatan yang melanggar hukum.

“Secara hukum positif, itu masuk ranah pidana, bisa dihukum, kan ironis, terima tidak seberapa, tapi masuk penjara,” cetus pria yang juga menjabat sebagai Ketua Parlemen Jalanan ini.

IMG 20201208 WA0024
Pengamat hukum asal Kalimantan Selatan, Badrul Ain Sanusi Al Afif.
habarkalimantan

Selain itu, dalam hukum agama tegasnya, perbuatan suap menyuap, sogok menyogok jelas sudah perbuatan salah dan menimbulkan dosa kepada pelakunya.

“Itu (sogok) haram!! tidak beberkah uang yang kita terima, apalagi sampai dimakan  kepada keluarga dirumah, jangan terima, jangan dipilih paslon yang melakukan hal tersebut,” bebernya.

Karena tambahnya, apabila Paslon melakukan praktek kecurangan seperti menyogok untuk meraih suara, maka terindikasi kuat saat ia memimpin akan melakukan kecurangan – kecurangan.

“Kalau tidak ingin dibunguli (di bodohi) pemimpin, jangan pilih pemimpin yang melakukan praktik kecurangan saat akan memimpin, kalau tetap memilih, dan Paslon itu menang dan memimpin, jangan mengeluh saat kalian dibungulinya,” tegasnya.

Badrul menghimbau, agar masyarakat saat memilih mengutamakan paslon yang mempunyai sifat Rasulullah, Siddiq ( jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan), Fathonah (cerdas).

Saat ditanyakan kalau semua paslon atau tim paslon bermain sogok? Badrul tegas menyampaikan, kalau hal itu terjadi, maka pilihlah pemimpin yang mudharatnya lebih kecil.

IMG 20201208 WA0023 edited
Ist Instagram @bawaluri

Patokannya? Menurut Badrul lihatlah kepada semua paslon, mana yang lebih banyak mempunyai 4 sifat Rasulullah, pilihlah paslon tersebut.

“Pilih pemimpin yang punya konsep, mengedepankan kesungguhan untuk membangun, dan tidak curang, jangan pilih pemimpin karena diberi uang,” cetusnya.

Ia juga mengingatkan, agar masyarakat saat mengikuti proses pencoblosan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan gerakan 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

KKP Serahkan 3 Juta Ekor Benih Di Semester 1 2021

Kementerian Kelautan dan Perikanan(KKP)  melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya(DJPB) Balai Perikanan Budidaya Air Tawar(BPBAT) Mandiangin, secara konsisten memberikan dukungan dalam pembangunan masyarakat perikanan khususnya...

Kamu mungkin juga suka

Pemakai Narkoba, Rehab Sekarang atau di Tangkap!!!

Balangan - Insan media di minta turut berpartisipasi dalam Program Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar), untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Narkotika.Badan Narkotika...

Pernyataan Bupati Balangan Saat Penandatanganan RPJMD Bikin Dewan Tepuk Tangan

Balangan - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Balangan tahun 2021-2026, sudah di setujui dan di tanda tangani bersama antara Pemerintah Daerah...

Gaduh Di Medsos, Pengunggah Postingan Berurusan Polisi

Nasib buruk menimpa seorang pria di Singkawang. Setelah mengunggah postingan di media sosial, ia diperiksa oleh polisi.Bukan tanpa sebab, pria inisial FR itu dinilai...

Hadang Pemakaman Dan Bakar Peti Mati, Pria Ini Pun Coba Bacok...

Insiden maut nyaris terjadi di Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (24/7/2021).Itu setelah seorang pria berinsial HP alias APH, 56 tahun, tiba-tiba menghadang...