Beranda Habar Utama PSU Di 5 Kecamatan,Komisioner...

PSU Di 5 Kecamatan,Komisioner KPU Kabupaten Banjar Diminta Mundur

Terbaru

Pemilihan Suara Ulang (PSU) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, diputuskan di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dilaksanakan di  Tujuh Kecamatan yang ada di KalSel.

Kecamatan yang diputuskan melaksanakan PSU itu, Lima diantaranya ada di Kabupaten Banjar, yakni Sambung Makmur,Mataraman,Astambul,Martapura dan Alu-aluh.

WhatsApp Image 2021 03 19 at 18.59.59 1

PSU yang paling lambat dilaksanakan 60 hari sejak pembacaan putusan pada Jumat (19/03/2021) disertai  putusan penggantian PPS dan PPK. Menurut Aktivis Pemerhati  Kinerja Aparatur Pemerintah dan Parlemen Kalsel, Aliansyah, penggantian petugas di tingkat kecamatan dan desa itu sebaiknya dibarengi  dengan penyelenggara yang baru di tingkat daerah dalam hal ini KPU Kabupaten Banjar.

“ Ini tanda bahwa Pilgub tahun 2020 dikabupaten Banjar telah terjadi praktek kecurangan dan penyelenggara pemilu khususnya KPUD Kabupaten Banjar tidak bekerja secara profesional serta tidak bisa menjaga netralitas. Bukan hanya PPK dan PPS saja yang mesti diganti tapi yang ada di KPUD Banjar juga sebaiknya orang baru,”tuturnya.

Untitled
habarkalimantan

Aliansyah juga mengatakan, lima komisioner KPU Kabupaten Banjar, mestinya mengundurkan diri dari jabatan mereka, sebab telah terjadi pelanggaran kode etik yang sudah dibuktikan oleh putusan MK.

“Saya menyarankan agar dengan kesadaran mereka sebagai penyelenggara Pemilu, khususnya anggota KPUD Banjar untuk mengundurkan diri, karena terbukti tidak netral selaku penyelenggara pemilu,”ucapnya.

Ia juga menambahkan, akan meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum – DKPP untuk segera mengambil tindakan tegas, jangan sampai Pemilu bersih dan Pemilu yang bermartabat tercoreng gara gara perilaku penyelenggara yang tidak netral dan tidak profesional.

 “Kalau penyelenggara pemilu seperti ini kembali diberi tugas kami tidak percaya lagi, mereka tidak netral dan tidak professional, tindakan mereka ini memalukan’” tutup Aliansyah.

Untitled 1

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin, saat akan dikonfirmasi perihal kesiapan pihaknya dalam menyelenggarakan PSU di Lima Kecamatan tersebut, yang bersangkutan tak berada di kantor.

Seseorang yang berada dalam ruangan kantor KPUD Kabupaten Banjar , yang enggan menyebutkan namanya, namun diduga seorang petugas jaga, mengatakan belum ada seorang pun komisioner yang hadir atau masuk kantor.

“Sabtu biasanya tetap masuk kantor, cuma karena aktivitas tidak sepadat pas waktu pemilihan tadi jadi tidak tau jam berapa mereka(komisioner) datang.Nanti saya coba hubungi,soalnya tidak ada informasi juga dari mereka,” ujarnya, Sabtu(20/03/2021) siang.

Untitled 2

Lokasi berbeda, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banjar, pasca putusan untuk pelaksanaan PSU di Lima Kecamatan itu, akan melakukan rapat persiapan untuk menyusun strategi pengawasan yang lebih intens.

“Siang ini juga kami segera melakukan rapat untuk persiapan pelaksanaan PSU yang telah diputuskan oleh MK, kami juga masih menunggu arahan dan petunjuk pelaksanan dari Bawaslu RI. Tentunya kami akan melakukan pemetaan didalam konteks pengawasan lagi, karena ini sudah menjadi evaluasi bagi kami untuk melakukan strategi pengawasan yang lebih agar pelaksanaan PSU dapat berjalan maksimal,”tuturnya.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

Ingin Lahirkan Karya Terbaik Untuk Masyarakat, Balitbangda Adakan Lomba Inovasi

Balangan - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Balangan, gelar Presentasi dan Penilaian Finalis Top 10 lomba inovasi 2021 dengan tema "Bailang...

Kamu mungkin juga suka

Pernyataan Bupati Balangan Saat Penandatanganan RPJMD Bikin Dewan Tepuk Tangan

Balangan - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Balangan tahun 2021-2026, sudah di setujui dan di tanda tangani bersama antara Pemerintah Daerah...

Jokowi : Cari Obat Antivirus Oseltamivir, Enggak Ada, Favipiravir Juga Enggak...

REDAKSI8.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi salah satu apotek di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/07/2021). Presiden hendak mengecek ketersediaan beberapa jenis...

India Terpapar Jamur Hitam, Indonesia Bagaimana?

Infeksi Jamur Hitam menjadi salah satu penyumbang angka kematian tertinggi di India dalam beberapa waktu terakhir, terlebih selama masa Pandemi Covid-19.Bahkan, tercatat dalam...

Pemerintah Gulirkan Subsidi Untuk Pekerja, Ini Syaratnya

REDAKSI8.COM - Pemerintah memastikan akan mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh (BSU) di tahun 2021.Bantuan ini diharapkan dapat mencegah...