Beranda Habar Banjarbaru Ungakap Kasus Kepolisian Resort...

Ungakap Kasus Kepolisian Resort Kota Banjarbaru Sepanjang Tahun 2020

Terbaru

Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 Kepolisian Resort Kota Banjarbaru, digelar di Joglo Markas Komando Polres Banjarbaru, Kamis (31/12/2020) Sore.

Dipimpin langsung Kapolres AKBP Doni Hadi Santoso , Konferensi Pers ini memaparkan pencapaian kinerja Polres Banjarbaru dan Jajaran, dalam mengungkap sejumlah kasus sepanjang Januari hingga Desember 2020.

Untuk data kasus kriminal yang terhimpun di tahun 2020, kasus yang ada di wilayah hukum Polres Banjarbaru mengalami penurunan hingga 50%.

IMG 20201231 WA0022

“Secara menyeluruh kasus kriminal mengalami penurunan, namun untuk kasus Pencurian Dengan Pemberatan(Curat) maupun Pencurian Dengan Kekerasan(Curas) mengalami kenaikan sebanyak 7 kasus,” ungkap Kapolres Banjarbaru didampingi Waka Polres Kompol Andik Eko Siswanto dan Perwira Kepolisian lainnya.

habarkalimantan

Lebih jauh Kapolres Banjarbaru menjelaskan, pelaku kasus kriminal tersebut menyasar rumah kosong , terlebih tempat kost mahasiswa yang banyak ditinggal pulang kampung saat libur akibat pandemi Covid-19.

“Bhabinkamtibmas kami menghimbau para pemilik kost untuk saling mengawasi jika perlu ditambah CCTV, selain itu juga pencegahan seperti pengaktifan Pos Kamling di RT serta peningkatan Patroli kita lakukan di beberapa titik rawan pencurian seperti di daerah Sungai Besar, Guntung Paikat dan sekitar daerah Trikora,” jelasnya.

IMG20201231153342 compress67

AKBP Doni Hadi Santoso juga menuturkan, selain kasus tersebut diatas, kasus kekerasan perempuan dan anak pada tahun 2020 ini juga mengalami peningkatan sekitar 35% atau dari 29 kasus di tahun 2019 kini ada 35 kasus.

“Kasus ini dominan pencabulan terhadap anak dan pelakunya orang terdekat korban. Karenan itu kita terus berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Banjarbaru, dengan giat melakukan sosialisasi dan edukasi melalui Radio, Media Sosial dan Media lainnya, untuk mencegah kasus ini terus bertambah” ujarnya.

Sementara itu, untuk kasus menonjol yang berhasil diungkap Polres Banjarbaru di tahun ini ada dua kasus, yakni Pencurian bernilai Rp 500juta lebih dan Penipuan Online bernilai ratusan juta rupiah.

Lanjut Kapolres Banjarbaru memaparkan, untuk angka kasus penyalahgunaan Narkoba tahun ini mengalami penurunan. Namun ada satu kasus yang menonjol yakni pengungkapan jaringan Narkoba jenis Sabu-sabu senilai Rp 1,2 Miliar dengan dua orang tersangka.

IMG20201231153515 compress14

“Untuk kasus Narkoba ada penurunan lima kasus dari tahun sebelumnya, dan pelakunya pun tahun ini dominan dari luar daerah. Namun ada kasus menonjol yang berhasil diungkap dan tersangkanya pun orang Banjarbaru dengan barang bukti sabu-sabu seberat 909,52 Gram atau senilai Rp 1,2 Miliar,”tuturnya.

Lanjutnya lagi, untuk Tindak Pidana Ringan(Tipiring) pada tahun 2020 ini, angka kasus pengungkapan juga mengalami kenaikan seiring giat patroli Polres Banjarbaru dan jajaran yang rutin dilaksanakan.

“Ada dua kasus dimana keduanya mengalami kenaikan, kasus prostitusi dari 18 kasus di tahun 2019 kini ada 45 kasus dan kasus minuman keras sebelumnya 19 kasus tahun 2020 ini ada 22 kasus,”ucap Kapolres Banjarbaru.

Sedangkan untuk data kecelakaan lalu lintas dari Polisi Lalu Lintas(Polantas) Resort kota Banjarbaru, angkanya tahun ini pun mengalami penurunan. Dimana pada tahun 2019 ada sebanyak 801 kasus,tahun 2020 sebanyak 616 kasus atau Turun sebanyak 36%.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

Sanksi Rp100.000 Tidak Memakai Masker Di Martapura, HOAX

Pesan singkat di media sosial WhatsApp yang beredar dengan menyebutkan adanya razia masker serentak di depan Pemda Banjar dengan sanksi denda Rp100 ribu bagi...

Kamu mungkin juga suka

Pemakai Narkoba, Rehab Sekarang atau di Tangkap!!!

Balangan - Insan media di minta turut berpartisipasi dalam Program Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar), untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Narkotika.Badan Narkotika...

Gaduh Di Medsos, Pengunggah Postingan Berurusan Polisi

Nasib buruk menimpa seorang pria di Singkawang. Setelah mengunggah postingan di media sosial, ia diperiksa oleh polisi.Bukan tanpa sebab, pria inisial FR itu dinilai...

Hadang Pemakaman Dan Bakar Peti Mati, Pria Ini Pun Coba Bacok...

Insiden maut nyaris terjadi di Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (24/7/2021).Itu setelah seorang pria berinsial HP alias APH, 56 tahun, tiba-tiba menghadang...

Penerapan PPKM Level IV, Pemerintah Harus Perhatikan Perputaran Ekonomi

Kota Banjarbaru masuk kedalam daftar Kabupaten/Kota yang berada di luar Jawa-Bali yang turut melaksanakan Pembatasan. Meski sempat dibatalkan Penerapan PPKM Level III di Kota Banjarbaru,...