Beranda Infrastruktur Dinas PUPR Banjarbaru Glontorkan...

Dinas PUPR Banjarbaru Glontorkan Dana Rp.200Jt Untuk Perbaikan Siring.

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Aliran Sungai Kemuning yang sempat cukup deras, lantaran curah hujan yang tinggi mengguyur Kota Banjarbaru dan sekitarnya menyebabkan siring ambruk. Bahkan, kejadian ini sempat viral di media sosial.

Tempatnya Siring Sungai Kemuning yang berdekatan dengan Menara Pandang di kawasan Kilometer 33, hal tersebut karena tergerus derasnya aliran Sungai Kemuning beberapa waktu lalu.

Saat ditinjau rekanan awak media pada Jumat (17/1), terlihat para pekerja bangunan tengah sibuk memperbaiki siring yang ambruk itu. Panjang siring yang mengalami kerusakan sekitar 10 meter dengan tinggi mencapai 2,5 meter.

IMG20200117094825 compress38
Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Subrianto, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Banjarbaru.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Subrianto, pembangunan kembali siring dimulai sejak pekan lalu, Jumat (10/1) menggunakan dana APBD senilai kurang lebih Rp200 juta, yang merupakan dana pemeliharaan tahunan untuk Sungai Kemuning.

Rusaknya siring ini diakibatkan curah hujan yang tinggi. Lalu derasnya hantaman aliran sungai menyebabkan gerusan di bagian bawah. Ditambah hantaman aliran air yang berasal dari Jalan Ahmad Yani karena saluran drainasenya sempat buntu hingga menuju jalan diantara bantaran tersebut,” jelasnya.

Kejadian serupa juga terjadi di 3 titik lainnya, 1 titik berdekatan dengan Menara Pandang dan 2 titik lainnya terjadi di sekitaran Gang Keramat Sungai Kemuning.

IMG20200117103748 compress35
Tampak Pekerja Bangunan Sibuk Bekerja Memperbaiki Siring Sungai Kemuning.

“Harapan kita dengan dilakukannya perbaikan, volume debit air tidak sebesar di bulan Januari hingga bulan depan. Soalnya setelah kita mendapatkan informasi dari BMKG puncak curah hujan berkisar di bulan Januari sampai Februari,” ingin Subrianto.

IMG20200117103732 compress38
Nampak Siring Diperbaiki Dengan Pemasangan Galam.

“Jika terjadi kejadian serupa di tempat lain namun masih di sepanjang Sungai Kemuning dan perlu rehab lagi, maka dana yang diperlukan akan kami usulkan di anggaran perubahan,” sambungnya.

Lebih jauh subrianto menjelaskan, secara teknis pihaknya melakukan penormalisasian terhadap saluran drainase dari arah Jalan Ahmad Yani menuju Siring Kemuning. Dengan memperbesar saluran yang sempat tertutup itu, diperkirakan debit air yang lebih besar bisa melewati siring.

“Kemudian terjunan air di bawah Menara Pandang tersebut akan kami amankan dengan memasang bronjong di depannya untuk menahan derasnya aliran sungai dan memperkuat bangunan siring. Ada 30 unit bronjong di lapangan,” terangnya.

Setelah itu kita akan memperkuat bagian pondasi dengan beton cor, di mana di dalamnya kita pasangi batangan galam. Di bagian atas ada 2 model yang masih kita konsultasikan. Pertama memakai slap cor, atau pasangan batu lagi. Karena belum termasuk beban pagar, sehingga kita menunggu pihak perencana untuk menghitung beban atas dan samping, sesuai dengan anggaran yang kita miliki,” lanjutnya.

Pembangunan sendiri ditargetkan akan rampung pada bulan Februari mendatang. Namun ujarnya lantaran masih berada di musim penghujan, kemungkinan perbaikan siring kemuning menara pandang akan memakan waktu sekitar 2 bulan.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

PJS Walikota Banjarbaru Tinjau Tata Ulang Kawasan Lapangan Dr Murjani

Usai penataan ulang kawasan Lapangan Dr Murjani oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Penanggung Jawab Sementara (PJS) Walikota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu lakukan...

Patroli Sepeda, Dishub Banjarbaru Evaluasi Penataan Lalu Lintas dan Parkir Murjani

Dinas Perhubungan(Dishub) kota Banjarbaru kini gencar melakukan patroli dengan menggunakan sepeda, untuk memantau rekayasa lalu lintas dan titik parkir di sekitar lapangan...