Beranda Habar Kalbar Jokowi Akan Resmikan Masjid...

Jokowi Akan Resmikan Masjid Agung Al-Falah

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Jalan Sungai Miai Titik Ke-500 Dikunjungi Abdul Haris Makkie – Ilham...

Pasangan Calon(Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie - Ilham Nor, meninjau kawasan jalan Sungai Miai Banjarmasin, Minggu (25/10/2020).

Kaum Milenial Minta Perbaikan Tempat Ibadah Dan Jalan

Silaturahmi bersama masyarakat kembali dilaksanakan Relawan Perempuan Manis (RPM) dari Pasangan Calon(Paslon)Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur - Habib Idrus...

RPM Siap Bantu Saidi Mansyur Tingkatkan Kesehatan Dan UMKM

Relawan Perempuan Manis (RPM) dari Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus Al Habsyi, menghadiri undangan...

Pjs Walikota Ziarah Ke Makam Arsitek Kota Banjarbaru

Pejabat Sementara(Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, ziarah ke makam tokoh yang namanya diabadikan pada sebuah taman di pusat kota Banjarbaru, yakni...

Paslon ‘Bangkit’ Mawarung Bersama Warga Murung Raya

Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie dan Ilham Nor,menyempatkan diri 'Mawarung' di salah satu warung milik warga...

Pembangunan Masjid Agung Al-Falah Mempawah telah mencapai progres 90 persen. Pemerintah Kabupaten Mempawah kini tengah berupaya mempercepatnya penyelesaiannya.

“Jika Allah Taala meridhoi, pembangunan Masjid Agung Al-Falah ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo yang dirangkai dengan kegiatan peresmian Proyek Strategis Nasional Terminal Kijing di Sungai Kunyit,” ungkap Bupati Mempawah, Erlina.

Terkait dengan upaya percepatan penyelesaian Masjid Agung Al-Falah tersebut, Erlina menambahkan, dirinya telah melaksanakan rapat di kediaman dinas Bupati mempawah bersama pejabat Kementerian Agama, Ketua MUI, pengurus Masjid Agung Al-Falah, pejabat OPD terkait dan kontraktor pelaksana.

“Dan alhamdulillah, dalam rapat ini, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Bapak Ria Norsan juga menyempatkan diri hadir sehingga kita optimis pembangunan Masjid Agung Al-Falah dapat segera diselesaikan,” ungkap Erlina lagi.

Sejauh ini, progres pembangunannya telah mencapai 90 persen. Yang masih perlu dipoles adalah bagian interior masjid dan penataan kawasan halaman masjid. Namun Erlina optimis, dengan kerjasama semua pihak, penyelesaian bangunan masjid dapat terlaksana hingga akhir tahun ini.

“Insya Allah pada akhir tahun ini dapat diselesaikan. Saya mohon doa seluruh masyarakat, karena masjid ini akan menjadi ikon baru di Kabupaten Mempawah bahkan di Kalimantan Barat,” imbuh Erlina.

Masjid Agung Al-Falah terletak di Jalan Raden Kusno, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. Meski pembangunannya baru berjalan 90 persen, namun keindahannya sudah memikat mata yang melihatnya.

Pembangunan Masjid Agung Al-Falah dimulai pada 24 Maret 2017 oleh Bupati Mempawah ketika itu, Ria Norsan, yang sekarang Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

Sebelumnya, bangunan lama Masjid Agung Al-Falah telah dirobohkan karena kondisinya yang sudah tua. Maka Pemkab Mempawah memutuskan untuk membangun baru masjid di atas tanah yang sama, dengan luas 48×48 meter persegi, sehingga bisa menampung 3.200 jemaah.

Tinggi menara 41,650 meter, tinggi lantai I sekitar 4 meter, tinggi lantai II 8 meter, tinggi kubah utama 12 meter dan tinggi permukaan lantai dari lantai eksisting 1,2 meter. Selain itu, masjid juga dilengkapi dengan tempat wudhu yang refresentatif, halaman parkir yang luas, taman dan air mancur.

Erlina membenarkan jika pembangunan masjid ini merupakan peran Bupati Mempawah sebelumnya yakni Ria Norsan. Sampai saat ini, Ria Norsan selalu memantau langsung pekerjaan pembangunan masjid.

Konsep pembangunan Masjid Al-Falah, sejak awal sudah tampak memikat. Sebab referensi desainnya mengadopsi beberapa masjid terkemuka di dunia. Misalnya masjid di Dubai Uni Emirat Arab yang terdapat pohon kurma di tiangnya, juga mirip masjid Nabawi di Madinah dan masjid-masjid lainnya.

Tak hanya itu, masjid ini juga difasilitasi dengan eskalator, dan juga sarana khusus untuk  masyarakat penyandang disabilitas. Dengan demikian, semakin mempermudah umat untuk melaksanakan shalat maupun ibadah-ibadah lainnya.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan...

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Kamu mungkin juga suka

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Jembatan Akses Utama Rantau Nangka Rusak, PUPR Banjar Respon Cepat

Laporan warga terkait adanya jembatan rusak di Desa Rantau Nangka, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar direspon cepat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan...

Prihatin, Bertahun-tahun Dengan Jalan dan Jembatan Yang Tidak Nyaman

Abdul Haris Makkie dan Ilham nor, silaturahmi dengan masyarakat di kawasan Kuin Kecil Kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan,Minggu (11/10/2020). Pasangan...