Beranda Karhutla Kesiapan Hadapi Karhutla Tahun...

Kesiapan Hadapi Karhutla Tahun 2020

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

KNPI Banjarbaru Cari Tahu Visi Misi Paslon

DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru melaksanakan pertemuan dengan Pasangan Calon(Paslon) Wali dan Wakil Walikota Banjarbaru Haji Martinus-Darmawan Jaya Setiawan(HMJ),...

Ditengah mewabahnya Pandemi Covid-19 Pemerintah Kota Banjarbaru juga dihadapkan dengan persoalan rutin tahunan yakni Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhutla).

Bencana Karhutla disaat musim kemarau yang untuk tahun ini diprediksi terjadi mulai Juli hingga Oktober mendatang, menjadi perhatian khusus Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) kota Banjarbaru untuk mengantisipasi dari dini.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD kota Banjarbaru, Zaini Syharanie, sosialisasi serta spnduk berisi imbauan kepada masyarakat untuk mencegah Karhutla  sudah dipasang dibeberapa titik di kota Banjabaru.

“Kami (BPBD Banjarbaru) juga merekrut relawan masyarakat peduli api dan sejauh ini sudah ada di Delapan Kelurahan yang kami bina, dan tenttunya kami juga bersinergi dengan TNI- POLRI dan Pemadam Kebakaran yang ada di Kota Banjarbaru,” terangnya.

Lanjut Zaini Syharanie, dalam penanganan Karhutla tahun ini sejumlah posko termasuk Posko Induk akan dibangun di wilayah kota Banjarbaru dalam waktu dekat ini.

“Hasil rapat seluruh BPBD se-Kalimantan selatan yang diselenggarakan beberapa hari lalu, pendirian serentak pos induk Provinsi Kalimantan Selatan sesuai dengan SK Gubernur akan dilakukan awal bulan Agustus 2020,”

Untuk puncak Karhutla tahun ini Zaini Syharanie juga mengungkapkan bahwa diprediksi terjadi pada akhir September dan Awal Oktober mendatang.

“Khusunya Kota Banjarbaru titik-titik rawan terjadi kebakaran itu biasanya, Kecamatan Kecamatan landasan Ulin, Kecamatan Cempaka, dan Liang anggang,” tutupnya.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Kebakaran Lahan Sungai Tabuk, Api Sempat Mengarah Pemukiman Warga

Lahan rerumputan dan semak belukar seluas 1500 meter persegi, yang terletak di belakang Kantor Urusan Agama (KUA) Sungai Tabuk, Kecamatan Sungai Tabuk...

Kesigapan Petugas Karhutla, Kobaran Api Tidak Sampai Menghanguskan Seluruh Kawasan

Kobaran api dengan cepat melahap sejumlah lahan di kawasan Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Namun kobaran api ini tidak...

Karhutla Mulai Terjadi Di Kota Banjarbaru

Kebakaran Hutan Dan Lahan(Karhutla) kembali terjadi di kota Banjarbaru, Sabtu (01/08/2020), di lahan tidur sekitar kantor pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, Guntung Upih...

Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan Dikenakan Sanksi Lebih Berat, Ini...

Membandingkan dari dua tahun kebelakang, kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kabupaten Banjar mengalami kenaikan yang cukup signifikan.