Beranda Kesehatan 7 Bahan Alami Ini...

7 Bahan Alami Ini Bisa Redakan Asam Urat

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis arthritis yang menyebabkan rasa nyeri. Untuk bisa menanganinya, tentu Anda membutuhkan obat asam urat alami.

Gout muncul karena penumpukan asam urat yang tinggi di dalam darah. Kemudian terakumulasi di sendi, menyebabkan inflamasi yang disertai rasa tak nyaman dan nyeri.

Beberapa bahan alami bisa menjadi obat asam urat. Dikutip dari Healthline, berikut di antaranya.

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mudah ditemukan di rumah, jahe juga bisa jadi obat asam urat.

ginger picture id1129215363
Ginger on the boards grated and sliced

Anda bisa mengkonsumsinya dengan merebus jahe selama 10 menit dan minum tiga cangkir dalam sehari saat Anda mengalami serangan gout.

2. Air hangat dengan cuka apel, jus lemon, dan kunyit

Campuran herbal antara cuka apel, jus lemon, dan kunyit sangat direkomendasikan sebagai obat asam urat. Selain itu, minuman ini juga memiliki rasa yang menyegarkan.

Campurkan air perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Lalu campurkan dengan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel, aduk dan sesuaikan rasanya, minum dua-tiga kali sehari.

3. Kompres hangat atau dingin

Bukan diminum, namun menggunakan kompres hangat atau dingin ke bagian yang terasa nyeri juga bisa jadi obat asam urat. Beberapa studi merekomendasikan mengompres dingin atau merendam kaki ke dalam air dingin.

injured woman holding ice pack bag for cooling down the knee pain picture id1186087978
Injured woman holding ice pack / bag for cooling down the knee pain.

Merendam atau mengompres kaki dengan air hangat direkomendasikan apabila rasa nyeri atau inflamasi tidak terlalu intens.

4. Apel

Apel mengandung asam malat yang bisa menurunkan asam urat. Sehingga membuat buah satu ini sebagai obat asam urat yang baik.

o 1a220t3t51r0o2h7ih318031c9oa

Konsumsilah satu buah apel per hari untuk kesehatan secara menyeluruh. Namun karena apel mengandung fruktosa, ingatlah untuk tidak berlebihan mengkonsumsinya.

5. Pisang

Pisang disebut-sebut menjadi obat asam urat yang baik sebab kaya akan potasium yang bisa membantu jaringan dan organ dalam tubuh dapat berfungsi optimal.

banana picture id1184345169
banana path isolated on white

Anda bisa mengkonsumsi satu buah pisang dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Garam epsom

Rekomendasi lainnya untuk obat asam urat adalah merendam tubuh dalam larutan garam Epsom. Disebabkan karena kandungan kaya magnesium yang dimiliki garam tersebut bisa menurunkan risiko asam urat.

o 19c3dl5vp1uqguv63unrtbtuba

7. Air mineral

Minum cukup banyak air sangat penting bagi ginjal agar berfungsi dengan normal. Menjaga ginjal tetap sehat dapat mengurangi penumpukan asam urat dan serangannya.

glass of water on white background picture id1161576130
This is a photograph of glass of water

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan air mineral sebagai obat asam urat alami Anda.

Ilustrasi Foto By : Pixabay.com

Sumber : https://www.suarakalbar.co.id/

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Bupati Banjar Tinjau dan Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Bupati Banjar H Khalilurrahman lakukan peninjauan sekaligus berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/01/2021) sore.Bantuan...

BPBAT Mandiangin Serahkan Bantuan Benih Ke Pokdakan

Bantuan benih ikan Nila sebanyak 100.000 ekor, diserahkan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jembatan Rumpiang  Marabahan Kabupaten...

Kamu mungkin juga suka

Waspada !!! Banjir dan DBD Mengintai

Memasuki musim penghujan, masyarakat Kota Banjarbaru harus lebih waspada, karena hujan deras disertai angin kencang dan petir di beberapa bulan terakhir ini tengah menerpa...

Targetkan Pelayanan Prima, Puluhan Karyawan RSUD Ratu Zalecha Ikuti Workshop Service...

Guna memberikan pelayanan prima kepada pasiennya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura menyelenggarakan Workshop Service Excellent karyawannya, disalah satu hotel ternama di...

Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-56, Bupati Banjar Ingatkan Pentingnya Prokes

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2020 serentak se-Indonesia, diperingati Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dengan tema Satukan Tekad Menuju Indonesia...

Protokol Kesehatan Bagi Pelaku Usaha Kuliner Banjarbaru

Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 bagi Pelaku Usaha Kuliner se-Kota Banjarbaru, dilaksanakan di Aula Dinas Koperasi UKM dan Naker Kota Banjarbaru, Selasa (27/10/2020).Dalam kegiatan ini...