Beranda Kesehatan Kualitas Layanan Kesehatan RSDI...

Kualitas Layanan Kesehatan RSDI Banjarbaru Terus Ditingkatkan

Terbaru

Upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan menjaga berbagai layanan, terus ditingkatkan Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru.

Salah satu layanan terbaiknya yang ada di RSDI Idaman ini yakni Hemodialisis atau yang lebih dikenal masyarakat dengan istilah Cuci Darah.

Hemodialisis bekerja layaknya sebuah ginjal yang tengah memompa darah. Proses pencucian darah dilakukan oleh tabung di luar mesin yang bernama dialiser.

Di dalam dialiser, terjadi proses pencucian, mirip dengan yang berlangsung di dalam ginjal. Pada dialiser terdapat 2 kompartemen serta sebuah selaput di tengahnya. Mesin digunakan sebagai pencatat dan pengontrol aliran darah, suhu, dan tekanan. Aliran darah masuk ke salah satu kompartemen dialiser.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Pada kompartemen lainnya dialirkan dialisat, yaitu suatu cairan yang memiliki komposisi kimia menyerupai cairan tubuh normal. Kedua kompartemen dipisahkan oleh selaput semipermeabel yang mencegah dialisat mengalir secara berlawanan arah.

Zat-zat sampah, zat racun, dan air yang ada dalam darah dapat berpindah melalui selaput semipermeabel menuju dialisat. Itu karena, selama penyaringan darah, terjadi peristiwa difusi dan ultrafiltrasi.

“Ukuran molekul sel-sel dan protein darah lebih besar dari zat sampah dan racun, sehingga tidak ikut menembus selaput semipermeabel,” jelas Kepala Tata Usaha RS Idaman Banjarbaru, Muhammad Firmansyah.

Lanjutnya, untuk proses selanjutnya yakni difusi. Difusi merupakan peristiwa berpindahnya suatu zat dalam campuran, dari bagian pekat ke bagian yang lebih encer.

Darah yang telah tersaring menjadi bersih dan dikembalikan ke dalam tubuh penderita. Dialisat yang menjadi kotor karena mengandung zat racun dan sampah, lalu dialirkan keluar ke penampungan dialisat.

Difusi dapat terjadi bila ada perbedaan kadar zat terlarut dalam darah dan dalam dialisat. Dialisat berisi komponen seperti larutan garam dan glukosa yang dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan zat tersebut saat proses hemodialisis, maka difusi zat-zat tersebut akan terjadi dari dialisat ke darah.

Ultrafiltrasi merupakan proses berpindahnya air dan zat terlarut karena perbedaan tekanan hidrostatis dalam darah dan dialisat. Tekanan darah yang lebih tinggi dari dialisat memaksa air melewati selaput semipermeabel.

Air mempunyai molekul sangat kecil sehingga pergerakan air melewati selaput diikuti juga oleh zat sampah dengan molekul kecil. Kedua peristiwa tersebut terjadi secara bersamaan. Setelah proses penyaringan dalam dialiser selesai, maka akan didapatkan darah yang bersih.

“Darah itu kemudian akan dialirkan kembali ke dalam tubuh kita,” tutupnya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Tumis Kangkung Tetap Hijau? Ini Tipsnya

Kali ini dibahas tips masak kangkung tetap hijau dan segar seperti yang disajikan di restoran.Kangkung menjadi salah satu sayuran favorit bagi warga Indonesia. Bahkan...

Kamu mungkin juga suka

Program KB Ada Di TMMD Kodim 1004 Kotabaru

Untuk menekan angka kelahiran dalam masa pandemi Covid-19, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1004 Kotabaru dalam sasaran non fisik melaksanakan program Keluarga Berencana(KB)...

Sirkumsisi Penting Bagi Kesehatan, Simak Penjelesan Dokter Terkemuka di Indonesia

Sirkumsisi atau lebih dikenal dengan istilah sunat, merupakan prosedur bedah untuk membuang atau memotong kulit (kulup) yang menutupi penis, yang terdiri dari jaringan otot...

Klinik Kesehatan Bagi WBP Ada di Lapas Kelas II A Kotabaru

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kotabaru membangun klinik pratama rawat jalan dan blok bebas asap rokok bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).Tak hanya itu,...

Data Terkini Pasien Covid-19 Di Rumah Sakit Daerah Idaman

Pandemi covid-19 hingga saat ini masih belum kunjung mereda di sejumlah wilayah khususnya di Kota Banjarbaru. Namun semakin jauh diperhatikan, kepedulian masyarakat terhadap protokol...