Beranda Habar Provinsi Kalsel Habar Balangan Sempat Alami Kelangkaan, RSUD...

Sempat Alami Kelangkaan, RSUD Balangan Terima 50 Tabung Oksigen

Terbaru

Balangan – Kelangkaan oksigen yang terjadi berdampak hampir keseluruh wilayah di Indonesia, tidak terkecuali Kabupaten Balangan, setidaknya dalam dua minggu terakhir Balangan mengalami kelangkaan.

Seperti yang di ungkapkan, Kepala Seksi (Kasi) Penunjang Medis RSUD Balangan Irfan bahwa jika kelangkaan oksigen di RSUD Balangan ini sudah mulai dari dua minggu yang lalu.

Hal ini lantaran pasokan oksigen yang diminta, tidak sesuai dengan keinginan atau dari pihak penyuplai yang tidak dapat memenuhi jumlah yang dipinta.

PSX 20210813 195138
Kepala Seksi (Kasi) Penunjang Medis RSUD Balangan Irfan

“Saat itu kita meminta 50 tabung berisi oksigen dari penyuplai tapi tidak terpenuhi sesuai dengan keinginan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan biasanya terkadang hanya mendapatkan 35 tabung berisi oksigen, yang mana pemakaian rumah sakit perharinya rata-rata menghabiskan 35 hingga 40 tabung oksigen.

“Sehingga kalau terpenuhi sesuai dengan kebutuhan ada cadangan setidaknya 10 tabung berisi oksigen,” katanya.

Dan saat ini lanjutnya, stok ketersedian digudang oksigen milik RSUD Balangan telah habis, namun diruangan perawatan masih ada dan tetap terpasang ke pasien.

Ia meminta, agar para pasien ataupun keluarga pasien jangan khawatir akan kehabisan oksigen, karena hari ini (Jumat) datang tabung oksigen sebanyak 50 tabung.

PSX 20210813 194957
Hari Jumat ini RSUD Balangan dapat tambahan pasokan oksigen 50 tabung

“Data hari ini untuk yang terpakai ada 41 tabung oksigen dengan kapasitas 6 M³ (meter kubik) atau 6.000 liter dan sudah habis, perharinya kita menghabiskan bisa antara 35 hingga 40 tabung, dan stok tabung di rumah sakit sebanyak 50 buah. Hari ini juga akan datang 50 tabung oksigen, dari PT Samator Gas Industri Tanjung,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Balangan Dr. Ferry menghimbau, kepada masyarakat bahwa jangan sampai menunggu bergejala berat, tetapi ketika memiliki gejala ringan segeralah untuk berobat ke rumah sakit, jangan menunggu berat.

“Bahwa biasanya pasien Covid-19 yang datang, rata-rata sudah dalam gejala berat,” terangnya.

PSX 20210813 195052
Direktur RSUD Balangan Dr. Ferry

Selain itu, Dr. Ferry, juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Balangan juga telah turut berpartisipasi membantu pihaknya dengan menambahkan 50 tabung oksigen untuk meminimalisir kekurangan oksigen di RSUD Balangan.

Perlu di ketahui kelangkaan oksigen tersebut, tidak lain di karena semakin meningkatnya pasien terpapar covid-19 di Kabupaten Balangan.

Berdasarkan data yang diberikan Bidang Pelayanan RSUD Balangan, bahwa saat ini sekitar 23 orang pasien terpapar Covid-19 harus dibantu memakai tabung oksigen.

WhatsApp Image 2021 10 20 at 17.47.59

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Diduga Tak Kuat Menanjak Truk Kontainer Terguling

Banjarbaru - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Pangeran Muhammad Noor Kelurahan Sungai Ulin, Banjarbaru dekat Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah V (Kementerian LHK)...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Kamu mungkin juga suka

Muslim : Pembayaran Insentif Nakes Covid-19 Dipercepat

Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan mempercepat pembayaran insentif tenaga kesehatan yang menangani pandemi COVID-19.Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muhammad...

Ketua GOW Balangan Sebut Maulid Nabi Juga Merupakan Momentum Silaturahmi Antar...

Balangan – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Balangan gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 12 rabiul awal 1443 H, bertempat di TKIT Al- Istiqomah Paringin Barat,...

Bupati Balangan Buka Musyawarah ke IV Gerakan Pramuka Kwarcab Balangan

Balangan - Bupati Balangan, H Abdul Hadi buka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Balangan di Aula Mayang Maurai pada Senin...

Pemilihan Naga Balangan Masuk Tahap Unjuk Bakat

Balangan - Pemilihan Nanang Galuh (Naga) Kabupaten Balangan, menyisakan 26 putra-putri terbaik yang terdiri dari 13 orang masing-masing untuk Calon Nanang dan Galuh.Saat ini,...