KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1
Beranda Covid-19 Swab Masif Di Kalsel...

Swab Masif Di Kalsel Melebihi Target, 501 Spesimen Hasilnya Belum Keluar

Terbaru

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menggelar 10.000 swab masif dengan capaian melampaui target yakni sebanyak 12.032 sampel.

“Dari data sebelumnya 12.032, hanya 501 hasil swab yang belum keluar hasilnya. Dari spesimen yang sudah diperiksa, sebanyak 873 orang dinyatakan positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, Muslim,Rabu (26/8/2020).

Sekalipun telah melaksanakan swab masif, Muslim mengatakan pihaknya akan terus bekerja untuk menemukan kasus, mengingat masih ada pasien suspek di kabupaten/kota.

“Saat ini, masih ada pasien suspek sekitar 915 orang yang belum melakukan swab. Jadi, suspek ini orang yang bergejala ISPA, bukan berarti Covid-19,” ujar Muslim.

KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

Walaupun swab masif telah melebihi target, Muslim menyampaikan sejumlah kabupaten/kota belum memenuhi kuota yang telah ditentukan sebelumnya.

“Hingga tanggal 25 Agustus di Banjarmasin masih ada sekitar 429 orang yang masih suspek dan Banjarbaru masih ada 157 orang (suspek) walaupun Banjarbaru sudah mencapai 100 persen, hal ini berpotensi untuk dilakukan kembali swab masif,” ucap Muslim.

Muslim pun berharap upaya yang telah dilakukan itu dapat mengendalikan kasus penyebaran Covid-19 di Banua.

“Kalau dilihat dari pencarian jumlah kasus, persentase kasus masih dibawah sepuluh persen, namun potensi penularan dapat dikendalikan apabila persentasenya dibawah lima persen. Tapi, dari sini kasus terus menunjukkan perbaikan, mudah-mudahan hasil yang kita cari dan upaya-upaya pencegahan melalui edukasi dengan cara pendisiplinan dapat berjalan baik sehingga tidak ada yang tertular,” harap Muslim.

Sementara itu, Koordinator Bidang Karantina atau Isolasi, Sukamto, mengatakan gedung karantina dengan kapasitas 1.701 tempat tidur masih mampu menampung jumlah kasus, termasuk yang terjaring melalui swab masif.

“Untuk tempat karantina masih muat untuk pasien yang terkonfirmasi, sampai tanggal 23 Agustus sudah termanfaatkan 232 tempat tidur di kabupaten/kota, sedangkan provinsi baru 90 tempat tidur,” kata Sukamto.

Itu artinya, lanjut Sukamto, sebagian masyarakat yang dinyatakan positif melakukan perawatan melalui isolasi mandiri.

Namun, Sukamto tetap meminta masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk melakukan karantina di gedung yang telah disediakan, guna mendapat perawatan yang lebih baik.

“Masyarakat yang terkonfirmasi disarankan untuk melakukan karantina di tempat yang telah ditentukan, karena jika karantina mandiri  tidak ada yang mengawasi riwayat penyakit dan banyak karantina mandiri yang tidak memenuhi kriteria,” ucap Sukamto.

Terkait pelaksanaan swab masif yang melampui target, Koordinator Bidang Logistik, Akhmad Yani, mengatakan pihaknya telah mengantisipasi dengan mendistribusikan logistik melebihi kuota yang telah ditetapkan di kabupaten/kota.

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Polsek Astambul Amankan Sabu Senilai Rp 4 Miliar

Konferensi pers ungkap kasus narkotika jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 2,5 kg atau senilai Rp. 4 Miliar digelar di halaman Polsek Astambul, Senin (29/03/2021)...

Lima Benda Peninggalan Datu Kalampaian Yang Bisa Kamu Lihat

Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari adalah sosok ulama yang begitu mulia dimata ummat muslim khususnya di tanah Banjar bahkan hingga luar Kalimantan Selatan.Kitab Sabilal Muhtadin...

Kamu mungkin juga suka

Program KB Ada Di TMMD Kodim 1004 Kotabaru

Untuk menekan angka kelahiran dalam masa pandemi Covid-19, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1004 Kotabaru dalam sasaran non fisik melaksanakan program Keluarga Berencana(KB)...

Polisi Peduli Ditengah Pandemi dan Jelang Ramadan

Kepolisian Sektor(Polsek) Kelumpang Hilir membagikan sembako untuk membantu meringankan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan jelang bulan suci Ramadan 1442 H.Aksi Police Care...

5000 Kit Rapid Test Antigen Untuk Kotabaru

Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Kotabaru, Sabtu (10/4/2021).Dalam Kunker ini, Safrizal menyerahkan bantuan Rapid Test Antigen sebanyak 5000 Kit...

Sirkumsisi Penting Bagi Kesehatan, Simak Penjelesan Dokter Terkemuka di Indonesia

Sirkumsisi atau lebih dikenal dengan istilah sunat, merupakan prosedur bedah untuk membuang atau memotong kulit (kulup) yang menutupi penis, yang terdiri dari jaringan otot...