Beranda Covid-19 Swab Masif Di Kalsel...

Swab Masif Di Kalsel Melebihi Target, 501 Spesimen Hasilnya Belum Keluar

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menggelar 10.000 swab masif dengan capaian melampaui target yakni sebanyak 12.032 sampel.

“Dari data sebelumnya 12.032, hanya 501 hasil swab yang belum keluar hasilnya. Dari spesimen yang sudah diperiksa, sebanyak 873 orang dinyatakan positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, Muslim,Rabu (26/8/2020).

Sekalipun telah melaksanakan swab masif, Muslim mengatakan pihaknya akan terus bekerja untuk menemukan kasus, mengingat masih ada pasien suspek di kabupaten/kota.

“Saat ini, masih ada pasien suspek sekitar 915 orang yang belum melakukan swab. Jadi, suspek ini orang yang bergejala ISPA, bukan berarti Covid-19,” ujar Muslim.

Walaupun swab masif telah melebihi target, Muslim menyampaikan sejumlah kabupaten/kota belum memenuhi kuota yang telah ditentukan sebelumnya.

“Hingga tanggal 25 Agustus di Banjarmasin masih ada sekitar 429 orang yang masih suspek dan Banjarbaru masih ada 157 orang (suspek) walaupun Banjarbaru sudah mencapai 100 persen, hal ini berpotensi untuk dilakukan kembali swab masif,” ucap Muslim.

Muslim pun berharap upaya yang telah dilakukan itu dapat mengendalikan kasus penyebaran Covid-19 di Banua.

“Kalau dilihat dari pencarian jumlah kasus, persentase kasus masih dibawah sepuluh persen, namun potensi penularan dapat dikendalikan apabila persentasenya dibawah lima persen. Tapi, dari sini kasus terus menunjukkan perbaikan, mudah-mudahan hasil yang kita cari dan upaya-upaya pencegahan melalui edukasi dengan cara pendisiplinan dapat berjalan baik sehingga tidak ada yang tertular,” harap Muslim.

Sementara itu, Koordinator Bidang Karantina atau Isolasi, Sukamto, mengatakan gedung karantina dengan kapasitas 1.701 tempat tidur masih mampu menampung jumlah kasus, termasuk yang terjaring melalui swab masif.

“Untuk tempat karantina masih muat untuk pasien yang terkonfirmasi, sampai tanggal 23 Agustus sudah termanfaatkan 232 tempat tidur di kabupaten/kota, sedangkan provinsi baru 90 tempat tidur,” kata Sukamto.

Itu artinya, lanjut Sukamto, sebagian masyarakat yang dinyatakan positif melakukan perawatan melalui isolasi mandiri.

Namun, Sukamto tetap meminta masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk melakukan karantina di gedung yang telah disediakan, guna mendapat perawatan yang lebih baik.

“Masyarakat yang terkonfirmasi disarankan untuk melakukan karantina di tempat yang telah ditentukan, karena jika karantina mandiri  tidak ada yang mengawasi riwayat penyakit dan banyak karantina mandiri yang tidak memenuhi kriteria,” ucap Sukamto.

Terkait pelaksanaan swab masif yang melampui target, Koordinator Bidang Logistik, Akhmad Yani, mengatakan pihaknya telah mengantisipasi dengan mendistribusikan logistik melebihi kuota yang telah ditetapkan di kabupaten/kota.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

TP PKK Banjar Bagikan Masker Ke Pelanggar OPS Yustisi

Pentingnya penggunaan masker dalam mencegah penularan covid-19 terus disosialisasikan PKK Peduli Cegah Covid-19 oleh PKK Kabupaten Banjar, tak hanya sosialisasi PKK Kabupaten...

Ops Yustisi Digelar Setiap Hari Secara Bergantian

Pendisiplinan masyarakat terkait protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan menggelar Operasi Yustisi rutin terus digelar Pemerintah Kabupaten Banjar melalui tim gabungan Satuan Polisi...

Kondisi Rahmat Andika Berangsur Membaik

Rahmat Andika bocah Yatim Piatu asal Desa Gudang Hirang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar ini menderita  penyakit kelainan kulit dan dirujuk ke...