Beranda Lingkungan Aksi Sobat Bumi Jilid...

Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga Dari Pertamina Foundation bersama Sobat Bumi Indonesia

Terbaru

Iklan untuk Habar kalimantan
Banner Ucapan Selamat Saidi

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020, Pertamina Foundation bersama Sobat Bumi Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan lingkungan melalui Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga.

Kegiatan ini kelanjutan dari Aksi Sobat Bumi Jilid Satu dan Aksi Sobat Bumi Jilid Dua yang telah sukses diselenggarakan sejak tahun ini.

Rangkaian Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga ini dilaksanakan secara serentak di 24 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketua Sobat Bumi Indonesia Raihan Nurrasyid, mengatakan aksi ini bertujuan untuk membangun karakter peduli lingkungan dan kepekaan sosial kemasyarakatan penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

ucapan Syamsudinoor Ketua DPC Partai Demokrat balangan

Kepala Desa Balida Balangan

“Ada tiga jenis kegiatan dalam aksi ini, yaitu SOBI Hijaukan Negeri, SOBI Bebaskan Negeri dari Sampah, dan SOBI Peduli Negeri. Ketiganya merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian bumi dan masyarakat terdampak bencana dan pandemi COVID-19 yang membutuhkan uluran tangan,” ungkap Raihan.

Terdapat sebelas universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang melaksanakan kegiatan dengan tema SOBI Hijaukan Negeri.

Kegiatan tersebut meliputi pembagian bibit tanaman, sosialisasi pelatihan tanam buah dan sayur, penanaman mangrove, pemanfaatan ecobrick sebagai media budidaya ikan lele, pemanfaatan hidroponik kangkung serta kegiatan penghijauan lingkungan lainnya.

Selanjutnya, melalui SOBI Bebaskan Negeri dari Sampah, penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi melakukan kegiatan yang tidak hanya memungut sampah, tetapi juga mengedukasi pemilahan sampah dan pemanfaatan sampah kepada masyarakat.

Terdapat delapan universitas yang tersebar di Pulau Sumatera dan Papua yang merencanakan kegiatan dengan tema bebaskan sampah.

Kegiatan itu meliputi sosialisasi menjaga lingkungan bersih dan sehat, operasi sampah di jalan raya, pembersihan pinggiran pantai, penempatan tong sampah di area-area ramai, pemilahan dan pemanfaatan limbah serta penanaman microgreen dan pembuatan eco-enzyme.

Dalam lingkup sosial, penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi melaksanakan SOBI Peduli Negeri. Aksi ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Terdapat empat universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan yang beraksi dengan tema SOBI Peduli Negeri.

Kegiatan tersebut meliputi pembagian sembako dan masker kepada warga dan panti asuhan, menyelenggarakan kegiatan pondok-pondok edukasi serta mendirikan pojok baca Jejak untuk anak-anak maupun orang tua.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, berharap aksi ini dilakukan tidak hanya untuk meringankan beban masyarakat, melainkan dapat berkelanjutan serta dapat dijadikan contoh yang baik untuk mengembangkan jiwa kepedulian sosial anak-anak muda Indonesia.

“Pandemi COVID-19 dan bencana alam beruntun yang terjadi di Indonesia baru-baru ini memberikan dampak terhadap lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat Indonesia. Saya harap Aksi Sobat Bumi dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana serta dapat mengedukasi masyarakat dalam mitigasi bencana. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh buat gen-Z dan millenials agar mereka dapat lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” ujar Agus.

Agus juga menyampaikan bahwa dalam aksi ini, protokol kesehatan terus diterapkan untuk mencegah penyebaran virus.

“Saya sudah berpesan kepada para penerima beasiswa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan demi kesehatan mereka dan juga masyarakat sebagai penerima,” tambah Agus.

Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga mendapat dana bantuan dari CSR PT Pertamina (Persero) yang diserahkan melalui Pertamina Foundation kepada para penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Banner Ucapan Selamat Saidi
147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Trending Minggu Ini

BKIPM Kunci Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan Apabila Tidak Memiliki KUSUKA

Sosialisasi Regulasi Peraturan undang - undang nomor 21 Tahun 2019 digelar Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Banjarmasin, Kementerian Kelautan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Jokowi Melihat Langsung Insan Pers Vaksinasi Covid-19

Presiden RI Joko Widodo menghadiri pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 5.512 insan pers di Hall A Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat, Kamis (25/02/2021).Dari...

Kamu mungkin juga suka

Kebun Raya Balangan Jadi Salah Satu Lokasi Penanaman 10.000 Pohon Kayu...

Sesuai intruksi Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Balangan turut melaksanakan gerakan serentak penanaman 10.000 pohon kayu ulin,Jum'at (12/2/2021).Kegiatan yang dilaksanakan di Taman...

Penambang Liar Terus Beraktivitas, DLH: Selamatkan Lingkungan Kata Kunci

Pertambangan  batu bara ilegal di area Perjanjian Karya Pengusaha Pertambangan (PKP2B) PT. PT Antang Gunung Meratus (AGM) yang sebelumnya masuk dalam kawasan desa Remo kecamatan...

Antisipasi Pohon Rubuh,DLH Banjar Pangkas Pohon

Antisipasi pohon rubuh akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar melakukan pemangkasan pohon peneduh di...

Program KOTAKU, Kementrian PUPR Tanam Pohon Di Desa Murung Kenanga

Bagian program dari Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya melakukan penanaman pohon di Desa...