Beranda Lingkungan Aksi Sobat Bumi Jilid...

Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga Dari Pertamina Foundation bersama Sobat Bumi Indonesia

Terbaru

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020, Pertamina Foundation bersama Sobat Bumi Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan lingkungan melalui Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga.

Kegiatan ini kelanjutan dari Aksi Sobat Bumi Jilid Satu dan Aksi Sobat Bumi Jilid Dua yang telah sukses diselenggarakan sejak tahun ini.

Rangkaian Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga ini dilaksanakan secara serentak di 24 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketua Sobat Bumi Indonesia Raihan Nurrasyid, mengatakan aksi ini bertujuan untuk membangun karakter peduli lingkungan dan kepekaan sosial kemasyarakatan penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

habarkalimantan

“Ada tiga jenis kegiatan dalam aksi ini, yaitu SOBI Hijaukan Negeri, SOBI Bebaskan Negeri dari Sampah, dan SOBI Peduli Negeri. Ketiganya merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian bumi dan masyarakat terdampak bencana dan pandemi COVID-19 yang membutuhkan uluran tangan,” ungkap Raihan.

Terdapat sebelas universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang melaksanakan kegiatan dengan tema SOBI Hijaukan Negeri.

Kegiatan tersebut meliputi pembagian bibit tanaman, sosialisasi pelatihan tanam buah dan sayur, penanaman mangrove, pemanfaatan ecobrick sebagai media budidaya ikan lele, pemanfaatan hidroponik kangkung serta kegiatan penghijauan lingkungan lainnya.

Selanjutnya, melalui SOBI Bebaskan Negeri dari Sampah, penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi melakukan kegiatan yang tidak hanya memungut sampah, tetapi juga mengedukasi pemilahan sampah dan pemanfaatan sampah kepada masyarakat.

Terdapat delapan universitas yang tersebar di Pulau Sumatera dan Papua yang merencanakan kegiatan dengan tema bebaskan sampah.

Kegiatan itu meliputi sosialisasi menjaga lingkungan bersih dan sehat, operasi sampah di jalan raya, pembersihan pinggiran pantai, penempatan tong sampah di area-area ramai, pemilahan dan pemanfaatan limbah serta penanaman microgreen dan pembuatan eco-enzyme.

Dalam lingkup sosial, penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi melaksanakan SOBI Peduli Negeri. Aksi ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Terdapat empat universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan yang beraksi dengan tema SOBI Peduli Negeri.

Kegiatan tersebut meliputi pembagian sembako dan masker kepada warga dan panti asuhan, menyelenggarakan kegiatan pondok-pondok edukasi serta mendirikan pojok baca Jejak untuk anak-anak maupun orang tua.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, berharap aksi ini dilakukan tidak hanya untuk meringankan beban masyarakat, melainkan dapat berkelanjutan serta dapat dijadikan contoh yang baik untuk mengembangkan jiwa kepedulian sosial anak-anak muda Indonesia.

“Pandemi COVID-19 dan bencana alam beruntun yang terjadi di Indonesia baru-baru ini memberikan dampak terhadap lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat Indonesia. Saya harap Aksi Sobat Bumi dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana serta dapat mengedukasi masyarakat dalam mitigasi bencana. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh buat gen-Z dan millenials agar mereka dapat lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” ujar Agus.

Agus juga menyampaikan bahwa dalam aksi ini, protokol kesehatan terus diterapkan untuk mencegah penyebaran virus.

“Saya sudah berpesan kepada para penerima beasiswa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan demi kesehatan mereka dan juga masyarakat sebagai penerima,” tambah Agus.

Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga mendapat dana bantuan dari CSR PT Pertamina (Persero) yang diserahkan melalui Pertamina Foundation kepada para penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Mengolah Tanah Rawa Jadi Media Tanam

Usaha jual media tanam yang dilakukan warga Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini terbilang cukup unik.Hanya dengan mengolah campuran tanah rawa...

Bupati Banjar Beri Lampu Hijau Pelaksanaan Shalat Idul Adha

Bupati Banjar mengizinkan pelaksanaan sholat Idul Adha. Namun karena masih dalam kondisi pandemi covid 19, beliau menekankan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.Hal ini disampaikan...

Kamu mungkin juga suka

Puluhan Perusahaan Tambang Diminta Perhatikan Kaidah Good Mining Practice

Guna mencegah kerusakan lingkungan akibat kegiatan pertambangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar menggelar rapat koordinasi pengendalian kerusakan lingkungan hidup, di Hotel Treepark Kertak Hanyar ...

Abdul Hadi: Revolusi Hijau Akan Berikan Manfaat Untuk Masyarakat

Balangan - 250 bibit berbagai macam pohon di tanam dalam gerakan penanaman sejuta pohon serentak di Kalimantan Selatan (Kalsel), yang bertempat di sekitar...

Badrul : Sudah Pernah di Laporkan, Penanganan Hukum Terkesan Lambat

Salah satu aktivis lingkungan yang juga seorang advokat, Badrul Ain Sanusi l Afif, SH, MH menyatakan terkait tambang - tambang ilegal di Kalimantan Selatan...

Warga Datangi DPRD Balangan, Izin Pertambangan Pasir Dipertanyakan

Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk pertanyakan izin galian C dari pertambangan pasir...