Beranda Lingkungan Minim Personil, Kendala Menjaga...

Minim Personil, Kendala Menjaga SDA

Terbaru

Kabupaten Kotabaru , wilayah paling timur Kalimantan Selatan memiliki Sumber Daya Alam(SDA) yang tak sedikit.

Salah satu SDA yang hingga kini tetap dijaga kelestariannya tersebut, yakni kawasan Cagar Alam (CA) Teluk Kelumpang.

Kawasan CA yang juga berada di Teluk Kelumpang ini, luasnya sekitar 28.000 hektar dengan berbagai satwa yang hidup didalamnya,seperti Lutung Dahi Putih, Bekantan,Kera,dll.

Selain itu, kawasan ini menjadi sumber penghidupan bagi ekosistem alam termasuk masyarakat setempat yang menjadikan sebagai sumber mata pencaharian.

habarkalimantan

Untuk menjaga kawasan ini tetap lestari dan terjaga, tim Resort CA Teluk Kelumpang rutin melaksanakan patroli dikawasan CA, seperti Sabtu(3/4/2021) yang dipimpin langsung Kepala Resort CA Teluk Kelumpang, Nabawi.

Patroli yang menyasar seluruh kawasan CA Teluk Kelumpang, kali ini mendapati jejak adanya bekas penebangan pohon yang diduga dilakukan orang tak bertanggung jawab.

Dikatakan Nabawi, penebangan pohon dikawasan ini merupakan tindakan ilegal dan tentunya melanggar hukum.

“Kebetulan kali ini kita menemukan ada bekas tebangan pohon yang sudah ditinggalkan begitu saja dan ini pastinya melanggar peraturan karena melakukan aktifitas illegal di dalam kawasan CA,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, meski rutin melaksanakan pengawasan di area CA ini, namun kekurangan personil menjadi kendala untuk memaksimalkan pengawasan.

“Anggota kami hanya 3 orang saja, sementara daerah yang dijaga mencapai 28 ribu hektar, tentu kurang maksimal dalam melakukan pengawasan. Seperti sekarang kita menemukan adanya aktifitas illegal penebangan kayu,” ungkapnya.

Dikatakan lebih jauh oleh Nabawi, untuk kayu temuan di dalam kawasan CA akan dibiarkan begitu saja, kecuali dalam jumlah banyak baru akan diangkut kemudian dimusnahkan.

“Seperti beberapa kali yang pernah kita tangani, para pelaku merupakan orang luar dari area ini dan biasanya kayu yang diambil dipergunakan untuk berbagai macam keperluan,”ungkapnya.

“Semoga ada penambahan anggota 2 atau 3 orang lagi di Resort CA Teluk Kelumpang sehingga dapat membantu tugas yang dijalankan.Selain itu, kelestarian CA ini menjadi harapan kami agar dapat terus terjaga untuk anak cucu kita kelak “harapnya.

Dalam Patroli kali ini,Resort CA Teluk Kelumpang mendapat bantuan anggota dari resort CA Sungai Bulan, Resort CA Selat Laut dan Sebuku serta Resort CA taman wisata alam pulau burung dan pulau swangi.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

Ingin Lahirkan Karya Terbaik Untuk Masyarakat, Balitbangda Adakan Lomba Inovasi

Balangan - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Balangan, gelar Presentasi dan Penilaian Finalis Top 10 lomba inovasi 2021 dengan tema "Bailang...

Kamu mungkin juga suka

Puluhan Perusahaan Tambang Diminta Perhatikan Kaidah Good Mining Practice

Guna mencegah kerusakan lingkungan akibat kegiatan pertambangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar menggelar rapat koordinasi pengendalian kerusakan lingkungan hidup, di Hotel Treepark Kertak Hanyar ...

Abdul Hadi: Revolusi Hijau Akan Berikan Manfaat Untuk Masyarakat

Balangan - 250 bibit berbagai macam pohon di tanam dalam gerakan penanaman sejuta pohon serentak di Kalimantan Selatan (Kalsel), yang bertempat di sekitar...

Badrul : Sudah Pernah di Laporkan, Penanganan Hukum Terkesan Lambat

Salah satu aktivis lingkungan yang juga seorang advokat, Badrul Ain Sanusi l Afif, SH, MH menyatakan terkait tambang - tambang ilegal di Kalimantan Selatan...

Warga Datangi DPRD Balangan, Izin Pertambangan Pasir Dipertanyakan

Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk pertanyakan izin galian C dari pertambangan pasir...