Beranda Lingkungan Minim Personil, Kendala Menjaga...

Minim Personil, Kendala Menjaga SDA

Terbaru

Kabupaten Kotabaru , wilayah paling timur Kalimantan Selatan memiliki Sumber Daya Alam(SDA) yang tak sedikit.

Salah satu SDA yang hingga kini tetap dijaga kelestariannya tersebut, yakni kawasan Cagar Alam (CA) Teluk Kelumpang.

Kawasan CA yang juga berada di Teluk Kelumpang ini, luasnya sekitar 28.000 hektar dengan berbagai satwa yang hidup didalamnya,seperti Lutung Dahi Putih, Bekantan,Kera,dll.

Selain itu, kawasan ini menjadi sumber penghidupan bagi ekosistem alam termasuk masyarakat setempat yang menjadikan sebagai sumber mata pencaharian.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Untuk menjaga kawasan ini tetap lestari dan terjaga, tim Resort CA Teluk Kelumpang rutin melaksanakan patroli dikawasan CA, seperti Sabtu(3/4/2021) yang dipimpin langsung Kepala Resort CA Teluk Kelumpang, Nabawi.

Patroli yang menyasar seluruh kawasan CA Teluk Kelumpang, kali ini mendapati jejak adanya bekas penebangan pohon yang diduga dilakukan orang tak bertanggung jawab.

Dikatakan Nabawi, penebangan pohon dikawasan ini merupakan tindakan ilegal dan tentunya melanggar hukum.

“Kebetulan kali ini kita menemukan ada bekas tebangan pohon yang sudah ditinggalkan begitu saja dan ini pastinya melanggar peraturan karena melakukan aktifitas illegal di dalam kawasan CA,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, meski rutin melaksanakan pengawasan di area CA ini, namun kekurangan personil menjadi kendala untuk memaksimalkan pengawasan.

“Anggota kami hanya 3 orang saja, sementara daerah yang dijaga mencapai 28 ribu hektar, tentu kurang maksimal dalam melakukan pengawasan. Seperti sekarang kita menemukan adanya aktifitas illegal penebangan kayu,” ungkapnya.

Dikatakan lebih jauh oleh Nabawi, untuk kayu temuan di dalam kawasan CA akan dibiarkan begitu saja, kecuali dalam jumlah banyak baru akan diangkut kemudian dimusnahkan.

“Seperti beberapa kali yang pernah kita tangani, para pelaku merupakan orang luar dari area ini dan biasanya kayu yang diambil dipergunakan untuk berbagai macam keperluan,”ungkapnya.

“Semoga ada penambahan anggota 2 atau 3 orang lagi di Resort CA Teluk Kelumpang sehingga dapat membantu tugas yang dijalankan.Selain itu, kelestarian CA ini menjadi harapan kami agar dapat terus terjaga untuk anak cucu kita kelak “harapnya.

Dalam Patroli kali ini,Resort CA Teluk Kelumpang mendapat bantuan anggota dari resort CA Sungai Bulan, Resort CA Selat Laut dan Sebuku serta Resort CA taman wisata alam pulau burung dan pulau swangi.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Tumis Kangkung Tetap Hijau? Ini Tipsnya

Kali ini dibahas tips masak kangkung tetap hijau dan segar seperti yang disajikan di restoran.Kangkung menjadi salah satu sayuran favorit bagi warga Indonesia. Bahkan...

Kamu mungkin juga suka

Penanaman Serentak Satu Juta Pohon, Sekda Banjar : Upaya Melestarikan Lingkungan...

Kick Off Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) sekaligus Penanaman Serentak 1 juta Pohon Se Kalimantan Selatan digelar Pemerintah Kabupaten Banjar di Taman Demang Lehman...

Kolaborasi Mapala Piranha dan DLH Banjarbaru Sapu Bersih Bantaran Sungai

Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret 2021 mendatang diperingati Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Piranha Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Lambung Mangkurat...

Aksi Sobat Bumi Jilid Tiga Dari Pertamina Foundation bersama Sobat Bumi...

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020, Pertamina Foundation bersama Sobat Bumi Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan lingkungan melalui Aksi Sobat Bumi Jilid...

Kebun Raya Balangan Jadi Salah Satu Lokasi Penanaman 10.000 Pohon Kayu...

Sesuai intruksi Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Balangan turut melaksanakan gerakan serentak penanaman 10.000 pohon kayu ulin,Jum'at (12/2/2021).Kegiatan yang dilaksanakan di Taman...