Beranda Lingkungan Potensi Sungai BAT Menurut...

Potensi Sungai BAT Menurut FAJI Kalimantan Selatan

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Memperingati Hari Sungai Internasional tahun 2020, Federasi Arung Jeram Indonesia(FAJI) Kalimantan Selatan, melaksanakan Penanaman Pohon dan Fun Rafting New Normal.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Nateh kecamatan Batang Alai Timur (BAT) kabupaten Hulu Sungai Tengah, Minggu (27/09/2020), diikuti sejumlah organisasi dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan Penggiat Alam, dengan menanam 150 bibit pohon diantaranya Kopi, Durian dan Meranti Merah.

Menurut Wakil Ketua Umum FAJI Kalsel, Bandi Chairullah, penanaman pohon ini merupakan bukti kepedulian FAJI terhadap alam. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkai sosialisasi kepada masyarakat akan sungai yang ada di BAT ini sangat berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata dan sarana olah raga.

IMG 20200928 WA0025

“Tempat yang masih asri ini jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum yang mempunyai kepentingan sepihak. Kalau itu terjadi tentunya akan merugikan masyarakat, sebab lokasi ini sangat berpotensi baik untuk wisata maupun olah raga arung jeram,”

“Kalau sungai ini dikelola benar menjadi tempat wisata keuntungannya bukan hanya bahi pengelola, namun akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,”terang Bandi Chairullah.

Kesempatan yang sama, Kepala Disporapar Kabupaten Hulu Sungai Tengah(HST) Wahyudi, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten HST, kami ucapkan terima kasih kepada FAJI Kalsel sudah menyelenggarakan kegiatan di tempat kami. Selama ini Kabupaten HST sering disebut sebagai atap terakhir yang dimiliki Kalsel, untuk itu jangan sampai tercemar,”ucapnya.

IMG 20200928 WA0023

Wahyudi juga menambahkan, mengingat permasalahan pencemaran sungai, maka Ia menganggap perlu adanya kesadaran, pemahaman dan pengetahuan terkait pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan sungai.

“Sekali lagi terima kasih untuk Faji Kalsel yang juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan sungai,”tambahnya.

Sementara, seorang aktivitas lingkungan yang tergabung dalam Mapala Piranha Universitas Lambung Mangkurat, Ilham menyampaikan bahwa membangun lingkungan untuk menjadi sebuah destinasi wisata tanpa meninggalkan keasriannya,merupakan salah satu bentuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Jika lingkungan sudah dijaga adat istiadat juga akan selalu hidup, cara untuk menjaga lingkungan dan adat istiadat itu yakni kita harus memperkenalkan ke masyarakat luas dengan cara membangun wisata,” ujarnya

Di hari yang sama, FAJI Kalsel juga membentuk dan meresmikan FAJI HST, dengan harapan mampu mendorong dan membantu masyarakat untuk membangun wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Dulunya Jalur Perdagangan, Kini Kali Mati Sempit dan Berbau

Kali Mati yang berada di Desa Murung Kenanga, Kota Martapura kini selain menjadi sempit, aliran air pun tidak mengalir lagi.

Budidaya Perikanan Dalam Lapas

Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas ll B Banjarbaru,meningkatkan keterampilan warga binaannya dengan program pembinaan budidaya perikanan. Pelatihan dan praktek budidaya...

World Cleanup Day 2020 Di Sungai Kemuning

Memperingati World Cleanup Day 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan membersihkan bantaran sungai Kemuning Banjarbaru, Sabtu (19/09/2020). Kepala Dinas...

Keterbatasan Anggaran, Dishut Kalsel Tetap Komitmen Menjaga Hutan

Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan tetap berkomitmen menjalankan fungsi sebagai pelindung dan pengaman kawasan hutan, meski situasi masih di tengah pandemi...