Beranda Nasional Amankah Potong Rambut Ditengah...

Amankah Potong Rambut Ditengah Pandemi Covid-19 ? Ini Ulasanya

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, banyak orang mulai kebingungan saat ingin pergi ke salon atau tempat potong rambut. Mereka khawatir hal itu meningkatkan risiko penularan virus tersebut.

Seperti diketahui, Covid-19 sejauh ini menular lewat kontak dekat dan juga melalui percikan air liur. Lantas, amankah pergi potong rambut di tengah pandemi Covid-19?

Seperti dilansir dari ABC,  Seorang ahli Australia di panel penasehat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk COVID-19 mengatakan ada risiko penularan yang signifikan. Ia mengatakan, bahwa seorang pekerja salon biasanya akan memotong rambut dari depan dan juga belakang dengan cermat.

“Sehingga tidak ada jarak 1,5 atau 2 meter … dan mereka berada dalam paparan terus menerus selama lebih dari 30 menit,” kata Marylouise McLaws, yang juga seorang profesor epidemiologi dan pengendalian penyakit menular di University of New South Wales.

Sementara itu, CEO Dewan Penata Rambut Australia, Sandy Chong, melihat risiko lain di salon. Umumnya saat mengeringkat rambut seorang, pekerja salon akan partikel kulit di sekitar dan seterusnya, dan mereka bisa membawa virus.

Bagaimana dengan sang penata rambut? Semua risiko ini berlaku untuk penata rambut juga, tetapi mereka berlipat ganda karena penata rambut umumnya bertemu banyak klien sepanjang hari mereka. Dan tidak semua klien mereka mempertimbangkan bahaya.

“Orang-orang masih datang ke salon dan mengklaim bahwa mereka sedang berlibur, atau bahwa suami mereka ada di rumah sendirian karena ia berisiko tetapi mereka datang untuk menata rambut mereka,” kata penata rambut Melbourne, Sarah Anderson.

Wakil kepala petugas medis Paul Kelly mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan salon untuk meminimalkan risiko penularan.

Menggunakan sanitiser tangan di pintu, memastikan orang mencuci tangan sebelum mereka masuk, bersikeras bahwa orang yang sakit tidak datang,”kata dia.

Penata Rambut Australia menyarankan penata rambut untuk membuat kursi kosong, istirahat makan siang di luar, dan mengenakan masker dan sarung tangan.

“Kami memahami beberapa pemilik mungkin menganggap masker dan sarung tangan membuat penampilannya buruk’, tetapi kesehatan dan keselamatan Anda harus menjadi prioritas utama Anda,” saran serikat pekerja penata rambut.

https://www.suarakalbar.co.id/ Sumber

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Kamu mungkin juga suka

Shin Tae-Yong Sorot Perkembangan Timnas U-19

Tim nasional Indonesia U-19 saat ini sedang menjalani virtual home training.Anak asuh pelatih Shin Tae-yong tersebut melakoni virtual hingga 15 November mendatang.Virtual home...

Aksi # ERICK OUT

Erick Thohir sebagai menteri BUMN dan Ketua Pelaksana Komite Pemulihan Ekonomi Nasional serta Penanganan Covid 19 dinilai telah gagal.Demikian diserukan Abu, koordinator Forum Peduli...

Pasutri Asal India Nekat Tegak Pestisida

Sepasang suami istri di India nekat menenggak pestisida setelah melihat tanahnya digusur oleh pemerintah.Menyadur BBC, insiden ini memicu kemarahan publik India lantaran polisi menyerang pasangan asal negara bagian Madhya Pradesh...
00:01:59

Panglima TNI Kunjungi Kalimantan Selatan

700 paket sembako yang dibawa 700 anggota TNI dan Polda Kalimantan Selatan, dilepas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, kamis sore.Bantuan untuk warga terdampak...