Beranda Nasional WHO Rilis Cara Menghindari...

WHO Rilis Cara Menghindari Virus Ditempat Kerja

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Jalan Sungai Miai Titik Ke-500 Dikunjungi Abdul Haris Makkie – Ilham...

Pasangan Calon(Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie - Ilham Nor, meninjau kawasan jalan Sungai Miai Banjarmasin, Minggu (25/10/2020).

Kaum Milenial Minta Perbaikan Tempat Ibadah Dan Jalan

Silaturahmi bersama masyarakat kembali dilaksanakan Relawan Perempuan Manis (RPM) dari Pasangan Calon(Paslon)Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur - Habib Idrus...

RPM Siap Bantu Saidi Mansyur Tingkatkan Kesehatan Dan UMKM

Relawan Perempuan Manis (RPM) dari Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus Al Habsyi, menghadiri undangan...

Pjs Walikota Ziarah Ke Makam Arsitek Kota Banjarbaru

Pejabat Sementara(Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, ziarah ke makam tokoh yang namanya diabadikan pada sebuah taman di pusat kota Banjarbaru, yakni...

Paslon ‘Bangkit’ Mawarung Bersama Warga Murung Raya

Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie dan Ilham Nor,menyempatkan diri 'Mawarung' di salah satu warung milik warga...

Ketakutan hingga panik berlebihan, menjadi ancaman publik saat ini. Hal itu diungkapkan dengan bermacam tindakan dan perilaku masyarakat dunia. Salah satunya, menyebarkan isu hoax yang dinilai jauh dari memperbaiki keadaan, malah hanya memperburuk keadaan.

Akan tetapi, sebagian pihak analis ada pula yang bertindak positif dengan memberikan bermacam edukasi, melalui media sosial terkait pencegahan, penanganan dan cara self Isolation (Isolasi diri sendiri), Selasa (24/3/2020).

Saat ini, Negara Indonesia telah mengumumkan status tanggap darurat terkait covid-19. Di daerah yang telah dinyatakan terinfeksi, para Aparatur Sipil Negara (ASN) sementara waktu dirumahkan untuk tetap melaksanakan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Namun, ada pula sebagian perusahaan, pelaku usaha kecil dan profesi yang tidak bisa hanya tinggal di rumah, harus terjun langsung ke tengah lingkungan yang dinilai rentan terjangkit virus epidemi itu. Seperti perusahaan Media, pekerja medis, TNI Polri dan lingkungan pasar tradisional hingga modern.

Menyikapi hal itu, melalui rilis WHO (World Health Organization), edukasi yang diberikan memberikan panduan tentang bagaimana virus ini bekerja dan cara menghindarinya.

Berdasarkan rilis WHO tersebut, berikut ini adalah beberapa panduan untuk menghindari penyebaran virus corona di tempat kerja, walaupun karyawan di perusahaan atau pelaku usaha tersebut sampai sejauh ini belum ada yang terinfeksi.

1. Virus Corona menyebar lewat cairan tubuh

Virus yang dikenal juga sebagai COVID-19 ini menyebar lewat perantara cairan tubuh. Penyebarannya bisa dari air liur hingga bersin yang tersentuh oleh bagian luar tubuh dan juga lewat pernapasan. Contoh mudah adalah kamu tidak sengaja memegang air liur seseorang di meja. Gampangnya penyebaran itu mirip dengan cara kerja flu.

2. Pastikan ruang tempat kamu bekerja dan tinggal tetap bersih

WHO menjelaskan bahwa cara ampuh mencegah penularan virus Corona sangatlah sederhana: memastikan sekitarmu tetap terjaga higienitasnya. Itu bisa dilakukan dengan membersihkan meja menggunakan desinfektan dan memberikan pembersih tangan di tempat-tempat umum yang sering dipakai. Ingatkan setiap karyawan atau rekan kerja untuk selalu mencuci tangan.

Pajang poster yang mempromosikan kebersihan pernapasan. Kombinasikan ini dengan langkah-langkah komunikasi lainnya, seperti menawarkan panduan dari petugas kesehatan dan keselamatan kerja, pengarahan di setiap meeting, dan berbagai kesempatan lainnya.

3. Persiapkan tisu dan masker

Satu hal penting yang dirasa perlu disediakan tiap perkantoran adalah persediaan tisu dan masker. Pastikan kedua barang itu tersedia dan memberikannya kepada mereka yang sedang memiliki hidung meler. Penting pula memiliki tempat sampah tertutup sebagai tempat pembuangan, karena kebersihan aliran udara dan lingkungan yang baik mencegah penyebaran COVID-19

4. Tingkatkan kesadaran orang-orang akan virus Corona

Satu hal yang dirasa penting oleh WHO adalah kesadaran dari ruang itu terhadap virus mematikan ini.

5. Istirahatkan tubuh jika memang tubuh tidak fit

Salah satu cara penyebaran virus Corona adalah lewat batuk. Bagi mereka yang sedang tidak enak badan, ada baiknya untuk beristirahat di rumah dan meminum obat seperti paracetamol. Ditakutkan itu merupakan gejala dari infeksi COVID-19.

6.Hindari bepergian untuk sementara waktu

WHO menyarankan untuk tidak keluar negeri atau melakukan traveling sementara waktu, termasuk untuk urusan kerja dan sebaiknya perusahaan juga memahami ini. Jika memang diharuskan, pastikan yang pergi merupakan orang yang sehat dan telah mengecek daftar area virus Corona yang sudah terkena wabah. Hal itu bisa dilihat lewat situs WHO.

Karyawan yang telah kembali dari area tempat COVID-19 menyebar, harus memantau diri mereka sendiri untuk gejala selama 14 hari dan suhunya dua kali sehari. Jika mereka menderita batuk ringan atau demam ringan (dengan suhu tubuh 37,3 derajat Celcius atau lebih), mereka harus tinggal di rumah dan mengasingkan diri.

Ini berarti menghindari kontak dekat (1 meter atau bahkan lebih dekat) dengan orang lain, termasuk anggota keluarga. Mereka juga harus menelepon penyedia layanan kesehatan mereka atau departemen kesehatan masyarakat setempat, memberikan rincian perjalanan mereka dan gejala baru-baru ini.

7.Jangan mendiskriminasi mereka yang tertular

Jika melihat adanya gejala virus Corona diderita rekan kerja, langsung pisahkan orang tersebut ke dalam ruang yang terisolasi dan segera melaporkan aparat kesehatan lokal. Jauhkan diri dari diskriminasi dan dukung mereka melewati penyakit ini.

Melawan virus Corona tidaklah berbeda jauh dengan melawan penyakit pada umumnya. Yang terpenting adalah kamu memahami dengan benar bagaimana cara menjaga higienitas tubuh. Ada baiknya untuk tidak panik terhadap kasus ini.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan...

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Kamu mungkin juga suka

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

Ops Yustisi Digelar Setiap Hari Secara Bergantian

Pendisiplinan masyarakat terkait protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan menggelar Operasi Yustisi rutin terus digelar Pemerintah Kabupaten Banjar melalui tim gabungan Satuan Polisi...

Kondisi Rahmat Andika Berangsur Membaik

Rahmat Andika bocah Yatim Piatu asal Desa Gudang Hirang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar ini menderita  penyakit kelainan kulit dan dirujuk ke...

Aksi # ERICK OUT

Erick Thohir sebagai menteri BUMN dan Ketua Pelaksana Komite Pemulihan Ekonomi Nasional serta Penanganan Covid 19 dinilai telah gagal.