Beranda Pariwisata VIDEO TRAVELING : Objek...

VIDEO TRAVELING : Objek Wisata Air Terjun Jantur Dayan

Terbaru

Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah yang beribukota di Muara Teweh dan dilalui oleh sungai Barito ini memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Salah satunya adalah obyek wisata Air Terjun Jantur Dayan yang patut dikunjungi jika kebetulan berkunjung ke daerah yang memiliki semboyan Iya Mulik Bengkang Turan, yang berarti Pantang Mundur Sebelum Berhasil ini.

IMG 20200724 113022 scaled

Obyek wisata alam ini berada di Jalan Lintas Kalimantan Poros Tengah, Mukut, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, sekitar 18 Km dari Kota Muara Teweh menuju arah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya.

Keberadaan obyek wisata alam ini terang salah satu pengunjung dari Banjarbaru, Rifhan, cukup mudah ditemukan, selain karena pintu masuk menuju air terjun ini bisa dikenali dengan gerbang besar berwarna biru dengan hiasan ornament khas Dayak.

IMG 20200724 111803 scaled

“Untuk menuju Air Terjun Jantur Dayan sendiri kita berjalan kaki kurang lebih 1 km membelah hutan dengan jalan yang sudah di cor beton. Sepanjang perjalanan pun cukup nyaman karena selain teduh, kita juga bisa menikmati suara-suara yang alami dan indah seperti suara burung berkicau dan suara serangga. Hingga tak terasa sudah sampai di air terjunnya,” ceritanya.

Berbeda dengan ekspektasi mengenai obyek wisata alam yang sering kali terlihat terpencil, Air Terjun Jantur Dayan ini justru memiliki fasilitas obyek wisata yang cukup lengkap.

“Saya tak menyangka disini ada fasilitas yang cukup lengkap seperti gazebo, toilet umum hingga fasilitas bermain untuk anak dan aula. Saya kira cuma air terjun saya, ternyata fasilitas yang dimiliki cukup bagus,” ungkapnya.

Rifhan Risani mengisahkan Air Terjun Jantur Doyan ini berupa air terjun dua tingkat yang berada di tengah-tengah hutan, masing-masing tingkat memiliki tinggi 3 meter dan memiliki telaga kecil dibawahnya.

Namun saat dirinya berkunjung ke tempat tersebut, saat itu tidak ada pengunjung lain di obyek wisata unggulan Kabupaten Barito Kuala ini sehingga terkesan sepi, padahal memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

IMG 20200724 120506 scaled

Rifhan Risani juga mengatakan pengunjung air terjun ini harus berhati-hati saat berada di Obyek Wisata Air Terjun Jantur Dayan ini.

“Hati-hati dengan binatang melata seperti ular, karena saat saya ke tempat itu tampak beberapa ular berada tak jauh dari tempat saya berdiri,” ucapnya.

IMG 20200724 122406 scaled

“Karena berada di tengah hutan, walau hari sedang terik pun disini tetap teduh dan sejuk. Akan tetapi airnya tidak jernih, tapi keruh sehingga mengurangi hasrat untuk mandi di air terjun ini. Tapi Air Terjun Jantur Dayan ini cukup bagus sebagai tempat berfoto dan cukup instagramable,” ujarnya.

Trending Minggu Ini

Plang Larangan Buang Sampah Hanya Jadi Pajangan

Imbauan larangan membuang sampah disertai ancaman sanksi tegas, nampak tak cukup ampuh untuk masyarakat benar-benar tidak membuang sampah yang bukan pada tempatnya.Salah satunya yang...

Debit Air Naik, HST Siaga 1 Banjir

HST,- Hujan dengan intensitas tinggi melanda Hulu Sungai Tengah (HST), subuh, Minggu (28/11/2021).Menurut informasi yang beredar di Instagram BPBD Hulu sungai tengah, Pj Sekretariat...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kamu mungkin juga suka

Dishut Kalsel Buka Kembali Wisata Bukit Batu

Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) memutuskan membuka kembali wisata Bukit Batu Sungai Luar Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam di Kabupaten Banjar pada...

Ingin Berwisata ? Kebun Raya Banua Kembali Dibuka

Kebun Raya Banua telah dibuka kembali untuk umum sejak kasus COVID-19 melandai di Kalsel.Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penelitian dan Konservasi Tumbuhan Ex-Situ...

Pembukaan Kembali Wisata Religi, BPBD Banjar Belum Terima Permohonan Pengelola

Martapura - Menanggapi usulan pembukaan kembali wisata religi di Kabupaten Banjar, Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Irwan Kumar, menyebutkan hingga saat...

Dorong Perputaran Ekonomi, Ketua Komisi IV Usulkan Wisata Religi Kembali Dibuka

Martapura - Ketua Komisi IV DPRD Banjar Ahmad Sarwani mengungkapkan, pihaknya mendapat banyak masukan terkait pembukaan kembali wisata religi.Hal ini Mengingat status Pemberlakuan Pembatasan...