Beranda Pemprov Kalsel Bawaslu Provinsi Kalsel Launching...

Bawaslu Provinsi Kalsel Launching Gakkumdu Bersama 13 Kabupaten/Kota

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru rilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di Banjarbaru

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di BanjarbaruPjs Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, sambut Kedatangan Wakil Menteri PUPR RI, John Wempi Wetipo, Di...

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Deklarasi Damai Kota Banjarbaru

Pjs Walikota Banjarbaru bersama Kapolres dan Dandim 1006/Martapura mengikuti Deklarasi Damai Wilayah Kota Banjarbaru, Di Aula Gawi Sabarataan,Rabu (21/10/2020).

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan meluncurkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Hotel Dafam Syariah Q Mall Banjarbaru pada Senin malam (16/3).

Untuk meluncurkan Sentra Gakkumdu Kalsel bersama 13 Kabupaten/Kota ini, Bawaslu Kalsel menggandeng pihak Kepolisian dan Kejaksaan se Kalsel.

Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah menyebutkan berdasarkan Undang-Undang, ada 3 jenis pelanggaran dalam pemilu yaitu pelanggaran administratif, kode etik dan pidana.

IMG 20200317 WA0018 2

“Untuk pelanggaran pidana, penanganannya dilaksanakan oleh Tim Gakkumdu yang terdiri atas kejaksaan, kepolisian dan Bawaslu,” katanya.

Selama ini penanganan pelanggaran pidana pemilu oleh Gakkumdu jelas Erna Kaspiyah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Bahkan Bawaslu Kalsel mendapatkan penghargaan terbaik ke 2 dari seluruh Indonesia untuk penanganan pelanggaran pemilu. Kita ingin hubungan harmonis yang sudah terjalin bisa terus dijaga,” ungkapnya.

Pada tahun ini, Kalsel menempati urutan ke 7 dari 9 provinsi yang melaksanakan Pilkada berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang disusun Bawaslu RI.

Sementara itu ada 2 Kabupaten/Kota termasuk rawan tingkat tinggi yaitu Kotabaru dan Banjarmasin, sedangkan 2 Kabupaten/Kota yang termasuk rawan tingkat sedang adalah Balangan dan Banjarbaru.

“Kita berharap pembentukan Sentra Gakkumdu ini bisa mensinergikan 3 instansi untuk menangani pelanggaran pemilu secara maksimal sehingga tak terkontaminasi dan berjalan rel lurus sesuai dengan fungsi Gakkumdu,” terang Erna Kaspiyah.

Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Kalsel, Kompol Jimmi Kurniawan menambahkan pihak kepolisian sudah melakukan persiapan maksimal untuk menangani pelanggaran pidana pemilu yang mungkin akan terjadi.

IMG 20200317 WA0022 1

“Mudahan dengan launching kegiatan ini kedepannya kita bisa menjalankan kegiatan tersebut secara profesional, baik dan aman sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud,” ujarnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru, Silvia Desty Rosalina menyampaikan dengan di launchingnya Sentra Gakkumdu ini, pihaknya tentu saja turut berperan aktif untuk menangani pelanggaran yang terjadi.

IMG 20200317 WA0021

“Dengan adanya Sentra Gakkumdu ini kita juga nanti akan mendiskusikan berbagai hal, termasuk untuk menentukan langkah-langkah antisipasi. Sehingga diharapkan Pilkada dapat berjalan dengan baik karena kita telah melaksanakan antisipasi,” terangnya.

Silvia Desty Rosalina menambahkan untuk mencegah kerawanan sejak dini, netralitas Gakkumdu merupakan keharusan, selain terus menerus menjaga koordinasi antara kepolisian, Bawaslu dan Kejaksaan.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Peternakan Babi Di Guntung Manggis Segera Direlokasi

Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru terus mendesak pemilik peternakan babi agar merelokasikan kandang ternaknya yang berdekatan dengan...

Kamu mungkin juga suka

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

RPM Tampung Aspirasi Warga Rantau Bujur

Relawan Perempuan Manis (RPM) Bersama Hj. Gita Nur Tyas Kembali Silaturahmi dengan Warga Rantau Bujur, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Rabu (21/10/2020).

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...