Beranda Karhutla Kesigapan Petugas Karhutla, Kobaran...

Kesigapan Petugas Karhutla, Kobaran Api Tidak Sampai Menghanguskan Seluruh Kawasan

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Kobaran api dengan cepat melahap sejumlah lahan di kawasan Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Namun kobaran api ini tidak sampai menghanguskan seluruh kawasan berkat kesigapan sejumlah personil gabungan dari Polri, TNI, BPBD dan Damkar dalam melakukan pemadaman api.

Aksi pemadaman ini merupakan bagian dari simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Kalsel yang diselenggarakan pihak Polda Kalsel, Rabu (5/8/2020).

Sebelum melaksanakan Simulasi, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., terlebih dahulu memberikan arahan kepada Tim Gabungan Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Kalsel.

WhatsApp Image 2020 08 05 at 16.30.11 1

Kapolda Kalsel ini memaparkan petunjuk teknis tentang penanggulangan kebakaran lahan, juga mengimbau untuk menggunakan Aplikasi Pencegahan Karhutla Berbasis IT milik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel yang diberi nama Aplikasi BEKANTAN sekaligus pendataan relawan yang tergabung.

Nico mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka penanggulangan Karhutla secara proporsional dan profesional. Semua jenis bencana dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia, seperti kerusakan lingkungan dan kebakaran yang telah mengancam di tengah kehidupan masyarakat.

“Diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kalimantan Selatan sehingga harus dilakukan upaya-upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian,” kata Kapolda Kalsel.

WhatsApp Image 2020 08 05 at 16.30.11 2

Selain itu, menurutnya penanganan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama terpadu yang tidak hanya melibatkan Polri, TNI dan Pemerintah saja bahkan seluruh lapisan masyarakat, swasta dan relawan.

“Semua instansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan Karhutla di Bumi Lambung Mangkurat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” tegasnya.

Jenderal Bintang Dua ini menerangkan, kehadiran semua pihak di lapangan perlu didukung dengan kemampuan dan keterampilan serta sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat bertindak secara proporsional dan profesional. Kemampuan dan keterampilan tidak akan datang begitu saja tanpa adanya pelatihan, sehingga harus dilaksanakan simulasi penanganan Karhutla.

“Oleh karena itu, Kami menghimbau kepada seluruh personil Polri dari tingkat Polda, Polres dan Polsek jajaran untuk sering melakukan patroli antisipasi Karhutla. Kami juga mengimbau untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Kalsel,” pungkas Kapolda.

Simulasi penanganan Karhutla ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., didampingi Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si, Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si., dan para Pejabat Utama Polda Kalsel.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Selebgram Kalsel Buka Donasi Untuk Masyarakat Terdampak Banjir

Duta Pemuda Indonesia 2018 Muhammad Hidayattollah H Muhni Arma yang juga dikenal di Kalimantan Selatan sebagai Selebgram dengan sebutan Dayat El, turut berempati atas...

Banjir Kalsel,Bayi Sepanjang 50 CM Lahir Di Atas Jukung

Banjir masih melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan termasuk beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar.Bahkan ribuan warga terdampak banjir, hingga kini masih berada...

Kamu mungkin juga suka

Program Kemendikbud Kuota Gratis, Disdik Prov Kalsel Lakukan Pendataan Guru Dan...

Sambut baik rencana Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan membagikan kuota internet gratis bagi pelajar, Dinas Pendidikan (disdik) Provinsi Kalimantan Selatan (kalsel)...

Kalsel Harus Mampu Mengelola Alam Sehingga Tidak Akan Terjadi Impor Beras

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor hadiri syukuran Panen Raya Padi Lokal di Desa Karya Makmur Kabupaten Banjar, Rabu (26/8/2020).Dalam sambutannya, Sahbirin mengapresiasi panen padi...

Swab Masif Di Kalsel Melebihi Target, 501 Spesimen Hasilnya Belum Keluar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menggelar 10.000 swab masif dengan capaian melampaui target yakni sebanyak 12.032 sampel.“Dari data sebelumnya 12.032, hanya 501 hasil swab...

Satyalancana Karya Satya Dianugerahkan Kepada 294 ASN Pemprov Kalsel

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menyematkan dan menyerahkan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan...