KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1
Beranda Karhutla Kesigapan Petugas Karhutla, Kobaran...

Kesigapan Petugas Karhutla, Kobaran Api Tidak Sampai Menghanguskan Seluruh Kawasan

Terbaru

Kobaran api dengan cepat melahap sejumlah lahan di kawasan Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Namun kobaran api ini tidak sampai menghanguskan seluruh kawasan berkat kesigapan sejumlah personil gabungan dari Polri, TNI, BPBD dan Damkar dalam melakukan pemadaman api.

Aksi pemadaman ini merupakan bagian dari simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Kalsel yang diselenggarakan pihak Polda Kalsel, Rabu (5/8/2020).

Sebelum melaksanakan Simulasi, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., terlebih dahulu memberikan arahan kepada Tim Gabungan Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Kalsel.

WhatsApp Image 2020 08 05 at 16.30.11 1

Kapolda Kalsel ini memaparkan petunjuk teknis tentang penanggulangan kebakaran lahan, juga mengimbau untuk menggunakan Aplikasi Pencegahan Karhutla Berbasis IT milik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel yang diberi nama Aplikasi BEKANTAN sekaligus pendataan relawan yang tergabung.

KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

Nico mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka penanggulangan Karhutla secara proporsional dan profesional. Semua jenis bencana dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia, seperti kerusakan lingkungan dan kebakaran yang telah mengancam di tengah kehidupan masyarakat.

“Diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kalimantan Selatan sehingga harus dilakukan upaya-upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian,” kata Kapolda Kalsel.

WhatsApp Image 2020 08 05 at 16.30.11 2

Selain itu, menurutnya penanganan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama terpadu yang tidak hanya melibatkan Polri, TNI dan Pemerintah saja bahkan seluruh lapisan masyarakat, swasta dan relawan.

“Semua instansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan Karhutla di Bumi Lambung Mangkurat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” tegasnya.

Jenderal Bintang Dua ini menerangkan, kehadiran semua pihak di lapangan perlu didukung dengan kemampuan dan keterampilan serta sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat bertindak secara proporsional dan profesional. Kemampuan dan keterampilan tidak akan datang begitu saja tanpa adanya pelatihan, sehingga harus dilaksanakan simulasi penanganan Karhutla.

“Oleh karena itu, Kami menghimbau kepada seluruh personil Polri dari tingkat Polda, Polres dan Polsek jajaran untuk sering melakukan patroli antisipasi Karhutla. Kami juga mengimbau untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Kalsel,” pungkas Kapolda.

Simulasi penanganan Karhutla ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., didampingi Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si, Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si., dan para Pejabat Utama Polda Kalsel.

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Polsek Astambul Amankan Sabu Senilai Rp 4 Miliar

Konferensi pers ungkap kasus narkotika jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 2,5 kg atau senilai Rp. 4 Miliar digelar di halaman Polsek Astambul, Senin (29/03/2021)...

Lima Benda Peninggalan Datu Kalampaian Yang Bisa Kamu Lihat

Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari adalah sosok ulama yang begitu mulia dimata ummat muslim khususnya di tanah Banjar bahkan hingga luar Kalimantan Selatan.Kitab Sabilal Muhtadin...

Kamu mungkin juga suka

Apel Kesiapsiagaan BPBD Banjar, Wakil Bupati Banjar Tekankan 6 Amanat Presiden

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar menggelar apel kesiapsiagaan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah...

Penjabat Gubernur Kalsel: Cegah Karhutla Dari Dini

Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi salah satu prioritas Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.Dimulai dengan menggelar apel kesiapan gabungan...

Empat Prioritas Kerja Kepala Daerah Baru Di Kalsel

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA melantik lima kepala daerah Bupati/Walikota di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Jumat (26/2/2021).Mereka, Aditya Arifin dan Wartono dari Kota...

Program Kemendikbud Kuota Gratis, Disdik Prov Kalsel Lakukan Pendataan Guru Dan...

Sambut baik rencana Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan membagikan kuota internet gratis bagi pelajar, Dinas Pendidikan (disdik) Provinsi Kalimantan Selatan (kalsel)...