Beranda Pendidikan Pemuda ini KKN di...

Pemuda ini KKN di Daerah Terpencil Kabupaten Banjar

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru rilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di Banjarbaru

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di BanjarbaruPjs Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, sambut Kedatangan Wakil Menteri PUPR RI, John Wempi Wetipo, Di...

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Deklarasi Damai Kota Banjarbaru

Pjs Walikota Banjarbaru bersama Kapolres dan Dandim 1006/Martapura mengikuti Deklarasi Damai Wilayah Kota Banjarbaru, Di Aula Gawi Sabarataan,Rabu (21/10/2020).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan kegiatannya berlangsung antara satu sampai dua bulan di daerah setingkat desa.

KKN sendiri pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan.

Salah satunya adalah Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Banjar (FKMKB), Mahrani Ahmad yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin.

WhatsApp Image 2020 02 20 at 16.42.17

Tokoh pemuda asal Kabupaten Banjar berstatus mahasiswa ini merupakan bagian dari 170 orang mahasiswa KKN pada semester genap Tahun Akademik 2019/2020 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Banjarmasin.

Saat dihubungi via Whatsapp pada Rabu malam (19/2), Mahrani Ahmad mengatakan ia mengikuti KKN tahun ini setelah dinyatakan lulus seleksi Tes Keterampilan Keagamaan (TKK) beberapa waktu yang lalu.

“Saya adalah salah satu dari 14 orang mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Angkipih, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar.  Kami yang bertugas di sana dengan supervisor, Dr. Saifuddin Ahmad Husin, MA,” ujarnya.

Sebagai putra daerah, Mahrani Ahmad mengaku sangat senang bisa melaksanakan KKN di salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar.

“Saya selaku putra daerah dan Ketua Mahasiswa Kabupaten Banjar sangat ingin sekali membantu pembangunan di daerah terpencil sana. Setidaknya yang bisa kami lakukan adalah menjembatani aspirasi masyarakat disana kepada pemerintah,” katanya.

Akses jalan menuju tempat KKN di Kecamatan Paramasan ujarnya menjadi kendala saat KKN karena cukup sulit untuk dilewati akibat pembangunan infrastruktur yang masih belum maksimal.

Selain itu karena kondisi tempat KKN yang cukup terpencil membuat sinyal seluler tak terjangkau, sehingga menyulitkan Mahrani Ahmad untuk berkomunikasi dengan keluarga.

“Sebelum berangkat KKN kami melakukan berbagai persiapan, diantaranya kesiapan mental dan kesehatan serta bekal ilmu yang kami peroleh selama menjalani perkuliahan, karena 3 hal tersebut sangat penting. Hal ini kami perlukan untuk menghadapi masyarakat di daerah pedalaman yang menjadi desa binaan kami,” jelasnya.

Posisinya sebagai Ketua Umum FKMKB pun harus di tinggalkan sementara waktu, digantikan oleh Wakil I bidang Internal, Khairul Fahmi dan Wakil II bidang Eksternal, Nurul Habibah.

“Saya berpesan pada kawan-kawan di FKMKB, kita merupakan putra daerah yang tentunya akan membangun IPM di kabupaten kita. Persiapkan diri kita untuk menjadi bagian dari pembangunan daerah sebagai orang yang duduk di Perguruan Tinggi. Tetap utamakan kuliah di samping organisasi yang kita jalani,” ungkap Mahrani Ahmad.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Anak Kuli Panggul dan Penjual Pisang Goreng, Siap Memimpin Kabupaten Banjar

H Saidi Mansyur pemuda asli banua yang lahir di Desa Sungkai, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada tanggal 5 Mei 1987 merupakan anak...

Kamu mungkin juga suka

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

PAD Meningkat, Bapenda Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Nasional

Dinilai mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui berbagai terobosan-terobosan yang dilakukan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banjar raih penghargaan Inspiring Professional...

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

Ketua TP PKK Banjar Sambut Baik Pelatihan Sasirangan PC NU

Ditengah pandemi Covid-29 yang menyebabkan melemahnya sektor perekonomian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas terkait di lingkup Pemkab Banjar terus mendorong upaya...