Beranda Perkebunan Si Duri Hitam Dari...

Si Duri Hitam Dari Desa Mandikapau Jadi Primadona Kontes Durian

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Semarak gema bersholawat menyambut kedatangan Bupati Banjar Khalilurrahman di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, tempat berlangsungnya Kontes Durian, Gelar Olahan Berbahan Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar 2020, Rabu (8/1/2020).

“Kontes Durian ini tidak mustahil akan digelar di tingkat nasional. Durian-durian yang ada di Kontes Durian ini merupakan durian milenial”, ~H. Khalilurrahman.

Hal itu disampaikan Bupati Banjar sembari meninjau peserta kontes dan mencicipi durian dari berbagai jenis.

Dia juga mengharapkan dengan digelarnya Festival Durian ini, selain mencari varietas lokal  untuk diusulkan menjadi varietas unggulan nasional, juga untuk memotivasi masyarakat petani yang berada di daerah sentra produksi buah-buahan.

“Melalui acara Festival Durian inilah kita akan dapat mengembangkan usaha ekonomi serta dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Banjar,” katanya.

Kabupaten Banjar merupakan penghasil durian terbesar di Kalimantan Selatan, dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami bahwa beberapa varietas durian lokal di daerah kita sudah dilepas dan diakui sebagai varietas unggul nasional seperti Si Jagung, Si Hijau dan Si Dodol, jelas orang yang kerap disapa Guru Khalil ini.

“Kami juga sudah mendaftarkan 10 varietas komoditi durian ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI untuk diproses sebagai Varietas Unggul Nasional yaitu : Bamban Birin, Dodol Mascinta, Gading Abirau, Idangan Biih, Hintalu, Panyangat Kuning, Kuning Janar, Gantang 88, Si Kolam dan Si Penganten,” pungkasnya.

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman mengatakan, kami dari pusat sangat memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan festival ini, berbagai buah dan tanaman disini merupakan buah asli Indonesia dan Kalimantan terutama di Banjar.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banjar yang telah melaksanakan festival durian ini dan merupakan tahun keempat dilaksanakannya kontes ini, durian ini merupakan asli makanan Indonesia, durian memiliki protein tinggi, apabila kita makan durian itu akan menambah semangat, ini salah satu pesan kami dari sekian banyak keunggulan duren,” pungkasnya.

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Faried fakhmansyah dalam sambutannya mengatakan, kita memanfaatkan peluang untuk aneka olahan dari daerah kita sehingga akan lebih baik.

“Berbagai kandungan kebaikan yang terkandung dari buah lokal Kalimantan Selatan ini, dengan lebih mencintai buah-buahan dari daerah kita, berarti kita telah berpartisipasi untuk melestarikannya, mempertahankan budaya lokal yang kita lihat saat ini, sehingga masih bisa dilihat oleh anak cucu kita di masa yang akan datang,” tuturnya.

Mengingat potensi yang besar tersebut, Guru Khalil selalu menyampaikan kepada Jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura serta seluruh masyarakat, khususnya para petani di daerah sentra produksi buah-buahan untuk terus mengembangkan komoditas tersebut, sesuai potensi buah-buahan setempat serta melakukan pemeliharaan tanaman dan kebun secara intensif.

Adapun Pemenang dari Kontes Durian ini di raih oleh Eldi Afani dari Desa Mandikapau Barat dengan nama durian Si Duri Hitam, selanjutnya Muhammad Fauzan dari Desa Mandikapau Barat dengan Si Satria sebagai juara II dan Sarpani dari Desa Mandikapau Barat dengan durian Si Belek, pemenang dari Kontes Durian ini akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, plakat, sertifikat dan didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian sebagai Varietas Unggul. Disamping itu juga diberikan hadiah tambahan dari berbagai sponsor. (Rhd)

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

PAD Meningkat, Bapenda Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Nasional

Dinilai mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui berbagai terobosan-terobosan yang dilakukan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banjar raih penghargaan Inspiring Professional...

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

Ketua TP PKK Banjar Sambut Baik Pelatihan Sasirangan PC NU

Ditengah pandemi Covid-29 yang menyebabkan melemahnya sektor perekonomian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas terkait di lingkup Pemkab Banjar terus mendorong upaya...