Beranda Peternakan Selain Menggemaskan, Ternyata Kelinci...

Selain Menggemaskan, Ternyata Kelinci Juga Memiliki Manfaat Medis

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Kelinci, hewan peliharaan yang satu ini selain rupanya yang menggemaskan ternyata, kelinci juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Pasalnya menurut Fulaih salah seorang peternak kelinci di Kota Banjarbaru, kelinci bisa menjadi media terapi untuk anak berkebutuhan khusus.

Dengan memanfaatkan gerak lincah seekor kelinci, ujar Fulaih, hal itu dapat membantu melihat perkembangan dan respek seorang anak berkebutuhan khusus.

Misalnya, ada anak yang berkebutuhan khusus  ketika dihadapkan dengan seekor kelinci yang cukup agresif sehingga mampu memberikan gigitan kepada anak itu, bagaimana reaksi anak tersebut? Bereaksi atau tidak ?,kita tidak akan tahu jika belum mencobanya.

Disitulah, orang tua anak bisa melihat, bagaimana sang anak yang berkebutuhan khusus bisa memahami sesuatu. Apakah melalui rasa sakit dulu atau malah tidak merasakan apapun.

PicsArt 04 01 08.45.38

“Jika si anak tidak bereaksi, maka orang tuanya harus mencari media alternatif lain untuk mengasah kemampuan anaknya yang berkebutuhan khusus,” jelas Fulaih saat ditemui di lokasi ternaknya di Komplek Benawa Raya Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Selasa (1/4/2020).

Disamping itu, memelihara kelinci juga sangatlah murah dan mudah. Ujarnya, yang perlu diperhatikan hanya makanan dan kandangnya. Dimana bahan makanannya hanya memerlukan daun, rumput dan buah-buahan saja.

“Saya disini juga memakai pakan pelet seharga 6.200 rupiah per kilogramnya,” ungkap Fulaih.

Bahkan, air kencing kelinci memiliki manfaat yang cukup bernilai. Pada sektor pertanian, air seni kelinci dapat digunakan sebagai pupuk dasar yang membantu menyehatkan tanah, memperlebat daun dan memperkuat akar tanaman.

Sementara pada sektor perikanan, air seni kelinci dapat mempercepat proses pembentukan plankton.

“Masukan saja ke kolam ikan, maka sebentar saja reaksi pada air akan berubah, dimana plankton lebih cepat jadi,” terangnya.

Diketahui, jumlah kelinci yang dipelihara oleh Fulaih sudah mencapai puluhan ekor. Ditambah, sebagian kelinci betina baru saja melahirkan beberapa hari yang telah lewat.

Jenis kelinci yang dipeliharanya pun beragam, bahkan hingga berlabel kualitas internasional dapat ditemukan di ternak kelinci miliknya. Diantaranya jenis New zealand, Netherland Dwarf, Dutch, Holland Lop, pussy Lop, Inggris Anggora, Flemish Giant, German Giant dan tan.

“Tujuan saya memelihara banyak kelinci dari imporan ini tidak lain juga untuk mengedukasi masyarakat. Jangan sampai mengawinkan kelinci dari indukan yang sama. Akibatnya, pada dekade tertentu, keturunan dari perkawinan kelinci sedarah akan sangat rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah,” pungkas Fulaih.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

PJS Walikota Banjarbaru Tinjau Tata Ulang Kawasan Lapangan Dr Murjani

Usai penataan ulang kawasan Lapangan Dr Murjani oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Penanggung Jawab Sementara (PJS) Walikota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu lakukan...

Patroli Sepeda, Dishub Banjarbaru Evaluasi Penataan Lalu Lintas dan Parkir Murjani

Dinas Perhubungan(Dishub) kota Banjarbaru kini gencar melakukan patroli dengan menggunakan sepeda, untuk memantau rekayasa lalu lintas dan titik parkir di sekitar lapangan...

Korban PHK Sampaikan Aspirasi Kepada Haji Martinus-Jaya

Kaum Milenial korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Khusnul sampaikan aspirasinya agar ia dan kawan-kawan senasib dapat diserap oleh lapangan pekerjaan nantinya.