Beranda Pilkada Banjarbaru Perkuat Pengawasan dan Netralitas...

Perkuat Pengawasan dan Netralitas Di Pilkada Banjarbaru

Terbaru

Rapat Koordinasi(Rakor) penyelesaian sengketa tahapan kampanye, digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) kota Banjarbaru, di salah satu hotel yang ada di Banjarbaru, Kamis (19/10/2020).

Hadir Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, serta Pengawas Pemilu tingkat kecamatan dan kelurahan yang ada di kota Banjarbaru.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Dahtiar, Rakor ini untuk meningkatkan pemahaman kepada panwas Ad Hoc agar dapat memberikan solusi atas sengketa peserta pemilihan saat di lapangan.

“Segala lini yang terlibat dalam jalannya pemilihan Walikota Banjarbaru dapat berkolaborasi dengan baik, sehingga tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

habarkalimantan

Ditambahkannya, Bawaslu Banjarbaru saat ini tengah perekrutan 556 pengawas yang nantinya ditempatkan di setiap TPS yang ada di kota Banjarbaru.

“Kami akan menempatkan personil di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), mereka nantinya yang membantu untuk memperkuat pengawasan kami di pelaksanaan pemilihan,” jelasnya.

Image18

Sementara Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso menegaskan, kepada masyarakat yang menemui adanya anggota Kepolisian Res Banjarbaru melakukan tindakan mengarah ke tidak netralan dalam Pilkada 2020 agar segera melaporkan ke Bawaslu dan Polres Banjarbaru.

“Kalau anggota saya ada yang tidak netral laporkan saja, kami akan langsung turun tangan melakukan penindakan,” tegasnya.

Lanjut Kapolres Banjarbaru, Pelaksanaan Pilkada tahun ini yang bertepatan mewabahnya pandemi Covid-19, agar seluruh yang terlibat didalamnya untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan baik dalam tahapan, pelaksanaan dan setelah pencoblosan nanti.

“Karena para pengawas merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan pilkada di 9 Desember nanti, Saya juga menghimbau agar tetap jaga pola kesehatan dan protokol kesehatan Covid-19 sebelum dan saat pemilu nanti,” harapnya.

Image16
Image1

Kesempatan yang sama, Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan,KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan Pilkada juga harus netral dan jangan sampai terpengaruh terhadap tekanan dari pihak manapun.

“Rekan KPU dan Bawaslu laksanakan tugas sebaik-baiknya kami TNI Polri siap mendampingi agar tercipta pilkada yang bersih, aman, damai dan lancar,” sebutnya.

Letkol Arm Siswo Budiarto juga komitmen, untuk mensukseskan jalannya Pemilu di wilayah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, TNI memastikan netralitas dan tidak akan melakukan tindakan yang tidak sesuai tugas dan fungsi.

“Kita tidak pernah dan tidak akan berkhianat terhadap Sapta Marga,Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI,”pungkasnya.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Mengolah Tanah Rawa Jadi Media Tanam

Usaha jual media tanam yang dilakukan warga Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini terbilang cukup unik.Hanya dengan mengolah campuran tanah rawa...

Destinasi Wisata Banjarbaru

Sebagai tujuan wisata yang ada di Kalimantan Selatan, Banjarbaru memiliki pesona tersendiri yang kini semakin diminati untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.Apalagi...

Kamu mungkin juga suka

Warga Banjarbaru Laporkan Indikasi Kecurangan ke Bawaslu

Beberapa masyarakat mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Banjarbaru terkait pelaporan indikasi kecurangan  masa kampanye, pada saat pencobolosan, Pemilihan Kepala Daerah Kota...

Pilkada Serentak, Badrul Ain Sanusi Tegas Imbau Masyarakat Jauhi Praktek Politik...

Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu 9 Desember 2020 Besok mendapat perhatian dari Pengamat hukum asal Kalimantan Selatan, Badrul Ain Sanusi...

Birokrat, Berpengalaman dan Terbukti

Kehadiran pasangan calon Walikota Banjarbaru Haji Martinus disambut antusias masyarakat Kelurahan Sungai Besar, Kota Banjarbaru Selasa 10/11/2020.Kedatangan Haji Martinus, selain untuk berkampanye, dirinya ungkap...

HMJ Serap Aspirasi Pedagang Lapangan Murjani

Haji Martinus dan Darmawan Jaya Setiawan tengah mempersiapkan ide-ide terbaik untuk perbaikan usaha dan peningkatan pendapatan para pedagang di sekitar Lapangan Murjani.“Untuk perbaikan dan...