BerandaPilkadaAnggota DPRD Balangan Ini...

Anggota DPRD Balangan Ini Minta Rencana Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Evaluasi

Terbaru

Balangan – Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di tahun 2024 mendatang, menurut salah satu anggota DPRD Balangan, perlu di evaluasi ulang.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Balangan Samsudinor mengingat, estimasi waktu dari tahapan dan rangkaian penyelenggaraan ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Hal tersebut di ungkapkan oleh menurutkan jika berdasarkan rencana awal yang sudah di tetapkan, tentunya sangat rangkaian dari masing-masing pemilihan sangat singkat.

PSX 20210608 212054
Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Balangan Samsudinor

Sehingga, sudah tentu sulit bagi mereka yang akan berkontestasi untuk mempersiapkan waktu.

“Meski belum ada pengumuman resmi oleh Pemerintah, tetapi jika berdasarkan rencana awal yang di tetapkan waktunya sangat singkat,” ujarnya kepada habarkalimantan.com, pada Selasa (8/6/2021).

Adapun untuk jadwal Pemilu sendiri berdasarkan penetapan pemerintah diawal, Pemilihan Legistatif (Pileg) baik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPR-P) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) akan diselenggarakan pada bulan Mei 2024.

Sedangkan pada bulan November 2024 nantinya, akan di selenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Pemilihan Wali Kota – Wakil Wali Kota (Pilwali) Pemilihan Bupati – Wakil Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur (Pilgub).

Menurut, Pambakal Sudi (panggilan akrabnya-red), dengan hanya jeda waktu 6 bulan tersebut tentu sulit mempersiapkan waktu terlebih nantinya jika ada sengketa hasil Pemilu nantinya.

“Jadi saya secara pribadi berharap dapat di evaluasi lagi rencana yang belum di jadikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), sehingga ada jeda waktu yang lebih panjang Setelah Pemilu ke Pilkada nantinya, minimal 10 bulan,” ungkapnya.

Di singgung soal peluang Partai Demokrat di Pemilu 2024 nanti terkhusus di Balangan, ia mengutarakan dirinya optimis mendapatkan tempat di hati masyarakat Bumi Sanggam.

Meski tidak mengucapkan dengan gamblang, Pambakal Sudi mengutarakan target di Pileg 2024 nanti dapat meningkat dari hasil Pileg lalu.

“Hasil Pileg lalu kami hanya dapat 1 kursi, sedangkan Pileg 2024 mendatang, tentu kita berharap dapat lebih dari itu,” ungkapnya lagi.

Terlepas dari itu, Samsudinor juga membeberkan bahwa pada Pemilu 2024 nanti, sudah jelas juga akan di ramaikan oleh Partai Politik (Parpol) baru beserta Calon Legislatif (Caleg) baru.

Berkaca sejak tahun 2004, menurutnya, trend dari tahun ke tahun ketika penyelenggaraan Pileg di Balangan sendiri, selalu orang-orang baru dapat sukses berkompetisi dan berhasil mendapatkan kursi legislatif di DPRD Balangan, hal tersebut tentu menjadi keunikan tersendiri.

“Dari tahun ke tahun bisa di katakan, 60 persen orang-orang baru dapat sukses berkompetisi,” pungkasnya.

Sedangkan Ferry Ardila warga Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan mengatakan, bahwa sosok yang akan dirinya pilih nantinya harus memiliki kredibilitas dan memiliki kompetensi serta memiliki Program Pro rakyat.

IMG 20210608 WA0018 1
Ferry Ardila warga Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan

“Baik Caleg, Cabup, Cagub dan Capres saya akan memilih figur yang memiliki Program yang memihak ke kepentingan rakyat,” katanya

Selanjutnya dia menginginkan nantinya semua peserta yang berkontestasi di Pemilu mendatang haruslah lebih memahami dan mengerti apa yang di inginkan rakyat dari berbagai sektor.

“Saya berharap mereka nantinya, bisa tahu apa yang di butuhkan rakyat, baik dari segi pendidikan, ekonomi, sosial dan pembangunan yang serta Merta dapat menjadi tolak ukur majunya Desa, Kota dan Negara secara umum,” tutupnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka