Beranda Politik KPU Banjar Gencar Lakukan...

KPU Banjar Gencar Lakukan Sosialisasi Jelang Pemilukada

Terbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar semakin gencar lakukan sosialisasi terhadap masyarakat, sosialisasi yang dimulai sejak 19 Agustus 2020 lalu, selain pada masyarakat, juga pada seluruh Ketua dan Sekretaris partai politik dan pasangan bakal calon melalui media cetak, media elektronik.

Hal ini karena semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada serentak untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Banjar pada 9 Desember 2020 mendatang, Pemkab Banjar pun turut memfasilitasi dengan penempatan baliho ditempat keramaian seperti di Pasar Batuah dan kawasan Gambut.

Komisioner KPU Kabupaten Banjar, Abdul Muthalib yang membidangi koordinasi divisi sosialisasi pada Kamis (27/8/2020) mengungkapkan sosialisasi ini penting dilakukan agar masyarakat Kabupaten Banjar menggunakan hak suaranya.

IMG 20200828 WA0025

“Sosialisasi ini sangat penting dilakukan agar masyarakat Kabupaten Banjar bisa menggunakan hak suaranya, sehingga angka partisipasi masyarakat nantinya bisa maksimal,” ujarnya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Pria yang akrab disapa Azis ini menambahkan KPU Banjar sudah menyelesaikan tahapan verifikasi faktual terhadap satu pasangan calon jalur perseorangan, dimana yang bersangkutan dapat mendaftarkan dirinya sebagai salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar.

“Sebelumnya ada 3 pasangan calon dari jalur independen, namun pada tahap awal 2 pasangan calon lainnya dinyatakan belum memenuhi syarat minimal,” katanya.

Untuk tahapan Pilkada serentak 2020, Azis memaparkan akan dimulai dengan masa pengumuman pendaftaran 28 Agustus–3 September 2020 dilanjutkan dengan masa pendaftaran pasangan calon pada 4–6 September 2020.

“Untuk verifikasi syarat pencalonan, pengumuman dokumen paslon dan masukan dari masyarakat akan dilaksanakan pada 4–8 September 2020, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan semua pasangan calon di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin pada 4–11 September 2020. Hasil kesehatan pasangan calon akan diumumkan pada 11 -12 September 2020,” ungkapnya.

Azis melanjutkan tahapan selanjutnya adalah verifikasi syarat paslon pada 6 – 12 September, pemberitahuan hasil verifikasi pada 13-14 September 2020, pengumuman dokumen perbaikan pada 14 -22 September 2020, penyerahan perbaikan dokumen pada 14-16 September 2020.

“Kemudian para calon ditetapkan pada 23 September 2020 diikuti dengan penetapan nomor urut pasangan calon pada 24 September 2020. Baru mulai 26 September akan dimulai masa kampanye sampai minggu tenang,” terangnya.

Azis menambahkan tahapan yang akan segera dilaksanakan, yaitu pendaftaran pasangan calon yang akan dilaksanakan selama 3 hari.

“Dimana untuk tanggal 4 hingga 5 September 2020 pendaftaran dibuka sesuai jam kerja, sementara 6 September 2020 akan dibuka hingga pukul 00.00 wita dini hari,” sebutnya.

Untuk masa kampanye pasangan calon di tengah situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan kampanye melalui rapat umum terbuka ditiadakan dan pembatasan peserta kampanye pun akan diterapkan untuk mengurangi jumlah orang yang hadir.

Demikian pula saat hari pencoblosan 9 Desember nanti, tidak ada antrian, masyarakat wajib pakai masker, pakai sarung tangan sekali pakai, menggunakan paku yang disemprot dengan disinfektan serta pengukuran suhu tubuh.

“Jika ditemukan ada yang suhu badan 37,5 derajat, maka yang bersangkutan akan di istirahatkan beberapa saat sebelum mencoblos. Jika suhu tidak turun, maka yang bersangkutan disarankan memakai TPS Khusus,” ungkapnya.

Azis mengimbau agar seluruh masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih untuk bisa berpartisipasi pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Pemilu bukan ajang untuk memecah belah warga, beda politik dan pilihan itu hal biasa, karena itu merupakan bagian dari demokrasi,” tutupnya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Kamu mungkin juga suka

Rakercab PDIP Kotabaru Dengan Prokes

Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan(PDIP) Kotabaru digelar secara Daring, Sabtu 10/4/2021.Mengusung tema “Kesiapan PDIP Kotabaru dalam pemilu 2024” Rakercab ini diikuti...

PSU Di 5 Kecamatan,Komisioner KPU Kabupaten Banjar Diminta Mundur

Pemilihan Suara Ulang (PSU) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, diputuskan di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dilaksanakan di  Tujuh Kecamatan yang ada di KalSel.Kecamatan...

Lewati Proses di MK, Bupati dan Wakil Bupati Banjar Terpilih Akhirnya...

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2020, digelar di Tree Park Hotel, Kertak Hanyar,...

Warga Banjarbaru Laporkan Indikasi Kecurangan ke Bawaslu

Beberapa masyarakat mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Banjarbaru terkait pelaporan indikasi kecurangan  masa kampanye, pada saat pencobolosan, Pemilihan Kepala Daerah Kota...