BerandaRamadanMinggu Ke-2 Ramadan 1442...

Minggu Ke-2 Ramadan 1442 H, Arus Kepulangan WNI Meningkat

Terbaru

Arus Kepulangan Warga Negara Indonesia(WNI) melalui jalur perbatasan Entikong Kabupaten Sanggau Propinsi Kalimantan barat terus meningkat.

Dalam dua peken terakhir kedatangan WNI yang sebagian besar Pekerja Migran Indonesia atau PMI dapat melampaui 300 orang.

“Peningkatan jumlah kedatangan WNI di Pos Lintas Batas Negara-PLBN Entikong cukup mengejutkan, terutama memasuki minggu kedua Ramadhan,” ujar Koordinator BP2MI Entikong Angga Atmajaya.

Dia menjelaskan potensi membeludaknya kedatangan WNI terutama PMI yang hendak melakukan perjalanan mudik lebaran besar kemungkinan terjadi. Sebab beberapa hari terakhir terjadi penambahan jumlah pelintas, dari pemegang paspor, surat jalan dan kepulangan mandiri.

“Pemantauan Pos BP2MI Entikong di PLBN Entikong, kedatangan PMI tidak kurang dari 100 sampai 300 san, bahkan pada hari libur bisa dua kali lipat,” kata Angga.

Disampaikannya,pergerakan angka kedatangan WNI dari wilayah Sarawak Malaysia masuk melalui PLBN Entikong ini, semakin mengkhawatirkan, terlebih pada tanggal 31 April 2021 ini, merupakan batas di keluarkannya surat perjalanan dari Konsultan Jendral Republik Indonesia di Kuching Sarawak Malaysia.

Angga memprediksi lonjakan jumlah pelintas jelang batas akhir di keluarkannya surat jalan dari Konjen RI serta mendekati waktu kebijakan larangan mudik 6 sampai 17 mei nanti dan pasti terjadi.

Namun yang pastinya kata Angga, jelas terjadi penumpukan Warga Negara Indonesia di tempat karantina di Entikong nantinya.

“Sekarang saja sudah melebihi angka seribuan orang, apa lagi di tambah dengan padatnya kedatangan nanti bisa jadi semakin membeludak WNI yang tertahan di Entikong,” katanya.

Sumber:suarakalbar.co.id

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka