Beranda Ramadan Minuman Kesehatan Yang Trend...

Minuman Kesehatan Yang Trend Setiap Ramadhan Di Martapura

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Temulawak merupakan salah satu jenis tumbuhan khas Indonesia yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah Kesehatan.

Di Martapura Kabupaten Banjar, Temulawak diolah menjadi minuman segar dan sudah menjadi usaha turun temurun bagi sejumlah masyarakat, salah satunya Temulawak Sani.

Temulawak Sani bagi masyarakat khususnya di Martapura dan kota Banjarbaru sudah begitu populer. Rasanya yang manis dan segar serta memiliki khasiat kesehatan, menjadikannya sebagai minuman yang banyak diminati terlebih saat bulan Ramadhan.

Untuk memenuhi permintaan baik itu dari para pedagang maupun pelanggan minuman temulawaknya, Abdul Sani (Pemilik Usaha Temulawak Sani) di Gang Baru Desa Tanjung Rema, mengaku bahwa dalam seharinya terkadang mengolah/memasak temulawak hingga Sepuluh kali.

“Setiap Ramadhan sekitar Dua ton temulawak yang dihabiskan sebagai bahan utamanya, untuk campurannya seperti gula pasir dapat menghabiskan sekitar Satu ton dalam sehari,” ungkap Abdul Sani.

WhatsApp Image 2020 05 09 at 14.17.46

Sementara, dikutip dari https://doktersehat.com/, Temulawak memiliki beberapa manfaat bagi Kesehatan, seperti menangkal virus hingga penyakit kronis.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Khasiat temulawak yang pertama dan paling sering digunakan adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengalami kolitis ulseratif menunjukkan kondisi yang semakin membaik setelah rutin mengonsumsi temulawak.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat temulawak yang satu ini sepertinya bisa dimanfaatkan bagi orang tua yang memiliki anak dengan nafsu makan yang rendah. Temulawak dipercaya bisa menjadi obat yang ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak. Temulawak dapat mempercepat proses pengosongan perut sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali. Berikan temulawak pada anak dalam bentuk yang sudah diekstrak agar aman dan nyaman saat dikonsumsi.

3. Mengobati Kanker

Temulawak dipercaya mengendalikan, mencegah, dan bahkan membunuh berbagai jenis kanker termasuk kanker usus besar dan payudara. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma di dalamnya mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidannya yang melindungi sel-sel dari kerusakan.

4. Meningkatkan Daya Tahan

Meski semua bagian dari temulawak dapat dimanfaatkan, akan tetapi rimpang adalah bagian yang paling banyak digunakan. Rimpang terdiri dari berbagai jenis senyawa seperti amylase, phenolase, lemak, starch, mineral, phenol derivatives (curcuminoids), dan minyak atsiri. Beberapa senyawa tersebut efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh lebih optimal.

5. Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat

Manfaat temulawak yang bisa digunakan untuk perawatan kulit adalah kemampuannya untuk mengecilkan pori-pori. Hal ini disebabkan karena temulawak mengandung astringent attribute—yang juga secara tidak langsung akan mencegah munculnya jerawat pada kulit.

6. Mengatasi Gangguan Hati

Beberapa penelitian ilmiah dan uji klinis mengungkapkan, senyawa kurkuminoid yang ada di dalam temulawak memiliki khasiat mengobati gangguan hati dan mencegah sel-sel hati berlemak.

7. Melawan Racun

Dalam dunia fisioterapi, temulawak diklasifikasikan sebagai adaptogen, zat tidak berbahaya yang dapat mendorong peningkatan resistensi terhadap racun atau dapat memengaruhi secara fisik, kimia, dan biologis tubuh seseorang. Secara umum, khasiat temulawak yang didapatkan adalah menormalkan jaringan yang mengalami gangguan.

8. Meringankan Osteoartritis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi temulawak selama 4 minggu dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan osteoarthritis, terutama pada orang-orang yang sudah memiliki kondisi tersebut.

9. Mencegah Tumor

Temulawak memiliki manfaat mencegah aksi enzim atau komponen lain yang menyebabkan pertumbuhan sel tumor. Jadi, konsumsi temulawak secara teratur pada penderita tumor adalah langkah yang tepat.

10. Mencegah Demam Berdarah

Kandungan minyak atsiri dari temulawak memiliki manfaat menghambat nyamuk Aedes aegypti untuk mendekat ke tubuh. Kondisi ini pada akhirnya membuat Anda terhindar dari bahaya demam berdarah karena nyamuk jenis ini adalah pembawa virus dengue.

11. Mengatasi Perut Kembung

Kelebihan gas di usus atau perut kembung bisa terjadi akibat menelan udara terlalu banyak, makan berlebihan, merokok, atau mengunyah permen karet. Saat kondisi terjadi, salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi temulawak.

12. Menjaga Kesehatan Kantong Empedu

Kantong empedu memiliki fungsi untuk menyimpan empedu yaitu kombinasi cairan, lemak, dan kolesterol. Empedu sendiri membantu memecah lemak dari makanan di usus. Agar vitamin dan nutrisi yang larut dalam lemak lebih mudah diserap ke dalam aliran darah, kantong empedu akan mengirimkan empedu ke usus halus. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kantong empedu adalah dengan mengonsumsi temulawak.

Setelah mengetahui berbagai manfaat temulawak untuk kesehatan, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah efek samping yang bisa ditimbulkannya.

Pada umumnya, temulawak aman digunakan dalam waktu singkat, akan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan jangka waktu yang lama, hal ini bisa menyebabkan iritasi perut dan mual.

Berikut adalah peringatan khusus yang harus diperhatikan:

  • Hamil dan sedang menyusui: Belum ada informasi lengkap mengenai  penggunaan temulawak selama kehamilan dan menyusui. Oleh karena itu, hindari penggunaannya.
  • Penyakit hati atau kantong empedu: Jangan gunakan temulawak jika Anda memiliki masalah hati atau kantong empedu. Temulawak dapat meningkatkan produksi empedu, di mana hal ini bisa memperburuk kondisi. Jika Anda memiliki batu empedu, dapatkan saran medis sebelum menggunakannya.
WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Ketentuan Zakat Fitrah Dalam Islam Serta Lafaz Niatnya

Dalam Islam, membayar zakat menjadi kewajiban tiap muslim bila hartanya sudah mencapai nisab. Amalan yang masuk dalam rukun islam ini menjadi syarat...

Bilungka Batu, Buah Ramadhan Masyarakat Banjar

Bilungka Batu salah satu buah yang menjadi favorit kebanyakan orang, khususnya masyarakat Banjar terlebih lagi ketika memasuki bulan suci ramadhan, buah ini...
00:03:32

LAPOR ! PEDULI COVID 19 DISKOMINFO KALSEL DAN BANJARBARU

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kalimantan Selatan dan Kota Banjarbaru, membagikan takjil dan masker gratis kepada pengguna jalan.

Picu Kulit Kering, Dua Minuman Ini Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Saat puasa, itu artinya lebih dari 12 jam kita tidak mengonsumsi makanan maupun minuman. Akibatnya, kulit mungkin akan terasa kering.