Beranda Religi Sholat Idul Fitri Dirumah?...

Sholat Idul Fitri Dirumah? Berikut Tata Caranya

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Himbauan Pemerintah agar melaksanakan shalat idul fitri yang bertujuan untuk mencegah kerumunan yang dapat berpotensi menjadi awal dari penyebaran kasus Covid-19 khususnya di Kabupaten Banjar, disampaikan juga oleh Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Darussalam Martapura, KH Wildan Salman Al Banjari beberapa waktu yang lalu.

Lantas bagaimanakah cara melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri di rumah?

Pimpinan Tahfidz Quran Ibnul Ma’had Martapura, Ustadz Ahmad Al Banjari saat dihubungi via Whatsapp pada Sabtu (23/5/2020) menjelaskan.

“Shalat Idul Fitri dimulai dengan menyeru “As-shalaatu jaami’ah” bila dilakukan berjamaah, tanpa ada azan atau iqamah,” ujar Alumnus Ponpes Darussalam Martapura ini.

Kemudian memulai shalat Idul Fitri dengan “Usholli sunnatan li ‘iidil fithri rok’ataini (imaaman/ma-muuman) lillaahi ta’aalaa,” lalu melakukan Takbiratul Ihram sambil mengangkat tangan. Bersamaan itu di hati tersirat niat: “Aku berniat shalat Idul Fitri dua rakaat (menjadi imam/makmum) karena Allah ta’ala.”

Sama seperti shalat pada umumnya, setelah Takbiratul Ihram bacalah doa iftitah, kemudian membaca Takbir 7 (tujuh) kali dan Tasbih 6 (enam) kali, sambil mengangkat tangan.

“Caranya, Tasbih dibaca di antara setiap Takbir. Tasbih yang dimaksud adalah bacaan:

‘Subhaanallaah wal hamdulillaah wa laailaaha illallaah wallaahu akbar.’ Kemudian membaca surah Al-Fatihah, diteruskan membaca surah pendek dari Al-Qur’an, dilanjutkan dengan ruku, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kembali, dengan bacaan seperti biasa,” jelasnya.

Sementara untuk rakaat kedua, dimulai dengan bangkit dari sujud dan kemudian berdiri. Sebelum membaca surah Al-Fatihah, terlebih dahulu membaca Takbir lagi sebanyak 5 (lima) kali dan Tasbih 4 (empat) kali.

“Caranya sama dengan pada rakaat pertama, Tasbih dibaca di antara setiap Takbir, bacaan: ‘Subhaanallaah wal hamdulillaah wa laailaaha illallaah wallaahu akbar.’ Dilanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah, diteruskan membaca surah pendek dari Al-Qur’an, lalu ruku, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kembali, serta duduk tahiyat akhir, dengan bacaan seperti biasa dan diakhiri dengan alam,” tambahnya.

Setelah shalat, kemudian dilanjutkan dengan berdoa, setelah itu jika berjamaah disunahkan mendengarkan khutbah Idul Fitri.

“Namun jika tidak ada yang berkemampuan menyampaikan khutbah, maka shalat Idul Fitri boleh tanpa khutbah,” terang Ustadz Ahmad.

Pada malam hari raya atau pada sebelumnya, dianjurkan untuk mengisinya dengan kegiatan ibadah di rumah bersama keluarga.

“Diantaranya dengan memperbanyak takbir, tahmid, dan tasbih, serta memperbanyak shalat sunah. Sementara pada pagi harinya, sebelum shalat Id, disunahkan mandi, memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian, makan sebelum melaksanakan shalat Id serta mengumandangkan Takbir hingga menjelang shalat Id,” tutupnya.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Selebgram Kalsel Buka Donasi Untuk Masyarakat Terdampak Banjir

Duta Pemuda Indonesia 2018 Muhammad Hidayattollah H Muhni Arma yang juga dikenal di Kalimantan Selatan sebagai Selebgram dengan sebutan Dayat El, turut berempati atas...

Kamu mungkin juga suka

CJH Balangan Diminta Tetap Bersabar

Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Balangan yang masuk daftar keberangkatan pada tahun 2020 tadi, diminta untuk tetap bersabar karena belum ada kepastian berangkat ke...

Masjid Bambu Di Kawasan Wisata Kiram Park Sudah Rampung

Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan yang berada di kawasan desa wisata Kiram Park Kabupaten Banjar,rampung dibangun sesuai masa kontrak yakni 180 hari yang...

Toleransi Antar Umat Beragama,Remaja Masjid Jaga Depan Gereja

Menjaga kerukunan umat beragama saat Misa Natal 2020, remaja masjid At taqwa turut siaga di depan Gereja St Paulus Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalbar,...

Target Juara Umum, LPTQ Kabupaten Banjar Siapkan Qari dan Qoriah Untuk...

Training Center (TC) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Banjar, ditutup secara resmi oleh Sekretaris Daerah(Sekda) Banjar Dr. H. M Hilman,Kamis (17/12/2020).Kegiatan yang dilaksanakan...