BerandaAgamaWisata Religi Ziarah Ke...

Wisata Religi Ziarah Ke Makam Orang Tua Datu Kalampaian

Terbaru

Di Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, terdapat sejumlah makam Aulia Allah yang dapat menjadi rujukan untuk tujuan wisata religi.

Selain makam ulama fiqih mazhab Syafi’i , Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang biasa disebut Datu Kalampaian, makam kedua orang tuanya yakni Syekh Abdullah Bin Abu Bakar dan Siti Aminah binti Husein, juga berada di kecamatan ini, atau tepatnya di Desa Lok Gabang.

Menuju ke makam Syekh Abdullah Bin Abu Bakar dan Siti Aminah binti Husein yang berjarak sekitar 5 Km dari pusat kecamatan Astambul, terdapat pintu gerbang yang menunjukkan arah masuk ke kawasan makam orang tua Datu Kalampaian.

Dari pintu gerbang ini, peziarah berjalan kaki menyeberangi jembatan kayu karena posisi makam berada di seberang sungai.

Seperti tata cara ziarah ke makam Aulia Allah pada umumnya, di makam Syekh Abdullah Bin Abu Bakar dan Siti Aminah binti Husein ini, adab yang dilakukan peziarah adalah mengucapkan salam, berdoa dan membaca ayat Al-Quran seperti surah Al fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan surah Yasin.

Ziarah kubur merupakan salah satu di antara amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Mengunjungi makam lalu melantunkan dzikir dan doa-doa, salah satu sarana seorang muslim agar selalu mengingat akan kematian.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka