Beranda Pilkada banjarmasin Menjaga Warisan Dari Hasil...

Menjaga Warisan Dari Hasil Perjuangan

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di Banjarbaru

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di BanjarbaruPjs Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, sambut Kedatangan Wakil Menteri PUPR RI, John Wempi Wetipo, Di...

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Deklarasi Damai Kota Banjarbaru

Pjs Walikota Banjarbaru bersama Kapolres dan Dandim 1006/Martapura mengikuti Deklarasi Damai Wilayah Kota Banjarbaru, Di Aula Gawi Sabarataan,Rabu (21/10/2020).

RPM Tampung Aspirasi Warga Rantau Bujur

Relawan Perempuan Manis (RPM) Bersama Hj. Gita Nur Tyas Kembali Silaturahmi dengan Warga Rantau Bujur, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Rabu (21/10/2020).

Pasangan Calon(Paslon) Wali dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie dan Ilham nor, ziarah ke Makam Pahlawan Nasional asal Kalimantan Selatan, Pangeran Antasari,Minggu(11/10/2020).

Pangeran Antasari yang wafat 11 Oktober 1862,diketahui merupakan sosok yang memiliki pribadi besar dan seorang ahli strategi perang gerilya yang mampu memimpin dan menggerakkan pasukan di daerah yang amat luas dan sulit serta seorang pemimpin yang ulet, tabah dan berwibawa dengan memiliki kekuatan lahir dan batin untuk menggerakkan para pengikutnya dalam mencapai tujuan bersama.

Ia, Gusti Inu Kartapati alias Pangeran Antasari bin Pangeran Mashoud bin Pangeran Amir, lokomotif dan ikon pecahnya De Bandjermasinsche Krijg atau Perang Banjar (1859-1905).

“Beliau (Pangeran Antasari) adalah pemimpin yang dicintai rakyat, cerdik dan sangat alim.Dengan menghargai jasanya sebagai pahlawan, berarti kita meresapi semangat juangnya, meneladani perjuangannya dan kepemimpinannya,” ucap Haris Makkie.

Lebih lanjut Haris Makkie mengatakan, menjaga warisan dari hasil perjuangan,mempertahankan, merawat, menata lebih baik lagi agar dapat dipergunakan dan dinikmati oleh generasi.

“Berikutnya adalah tugas generasi kita saat ini,demi kebangkitan kesejahteraan hidup dan berkehidupan yang sejahtera dan tenteram,”pungkasnya.

IMG 20201011 WA0015

Sementara Ilham Nor menuturkan bahwa,sudah semestinya demikian dilakukan generasi penerus. Sebab, pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan, bukanlah sekadar mengerahkan kekuatan,tenaga, pikiran, waktu ataupun materi,tapi mereka juga berkorban nyawa.

“Disiksa, difitnah, dihujat, dihukum dan diasingkan. Hingga menemui ajalnya di tempat pengasingannya. Semua itu demi sebuah kemerdekaan untuk dihibahkan kepada anak cucu,”.

“Sebuah kemerdekaan yang mahal dan sangat berharga, karena dibayar dengan darah dan nyawa. Semboyan yang mereka pegang pun sangat menyentuh perasaan, ‘hidup atau mati!’. Hidup bagi mereka adalah perjuangan dan mati adalah hasil perjuangan,”tutur Ilham Nor.

Ia juga menegaskan, dengan menyusuri kembali usaha-usaha perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan, bukan berarti membuka kembali lembaran pahit perjalanan sejarah bangsa, hal ini dilakukan agar direkam di pikiran para generasi muda dan mereka harus menghargainya.

“Membangkitkan dan menumbuhkan kembali semangat berkebangsaan, membangkitkan rasa cinta tanah air dan menghidupkan kembali rasa kepedulian terhadap sesamanya,” tegasnya.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Peternakan Babi Di Guntung Manggis Segera Direlokasi

Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru terus mendesak pemilik peternakan babi agar merelokasikan kandang ternaknya yang berdekatan dengan...

Kamu mungkin juga suka

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kedisiplinan Haris-Ilham Kembali Ditampakkan Di KPU Banjarmasin

Pasangan Calon(Paslon) Wali dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie-Ilham Nor, terlihat kembali disiplin saat mengahadiri Rapat Koordinasi(Rakor) Debat Publik di...

Haris-Ilham Turut Mengupas Udang Di Halinau

Pasangan Calon(Paslon) Wali dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie-Ilham Nor, meninjau kawasan Jl Halinau Mantuil Banjarmasin Selatan,Selasa (13/10/2020).

IKABA SHD: Haris-Ilham Akan Membawa Perubahan Yang Lebih Maju Untuk Banjarmasin

Ikatan Keluarga Besar Sekolah Hakim dan Jaksa, rencananya akan menghadirkan Pasangan Calon (Paslon) Wali dan Wakil Walikota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie-Ilham Nor,...