Beranda Pilkada banjarmasin Menjaga Warisan Dari Hasil...

Menjaga Warisan Dari Hasil Perjuangan

Terbaru

Pasangan Calon(Paslon) Wali dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie dan Ilham nor, ziarah ke Makam Pahlawan Nasional asal Kalimantan Selatan, Pangeran Antasari,Minggu(11/10/2020).

Pangeran Antasari yang wafat 11 Oktober 1862,diketahui merupakan sosok yang memiliki pribadi besar dan seorang ahli strategi perang gerilya yang mampu memimpin dan menggerakkan pasukan di daerah yang amat luas dan sulit serta seorang pemimpin yang ulet, tabah dan berwibawa dengan memiliki kekuatan lahir dan batin untuk menggerakkan para pengikutnya dalam mencapai tujuan bersama.

Ia, Gusti Inu Kartapati alias Pangeran Antasari bin Pangeran Mashoud bin Pangeran Amir, lokomotif dan ikon pecahnya De Bandjermasinsche Krijg atau Perang Banjar (1859-1905).

“Beliau (Pangeran Antasari) adalah pemimpin yang dicintai rakyat, cerdik dan sangat alim.Dengan menghargai jasanya sebagai pahlawan, berarti kita meresapi semangat juangnya, meneladani perjuangannya dan kepemimpinannya,” ucap Haris Makkie.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Lebih lanjut Haris Makkie mengatakan, menjaga warisan dari hasil perjuangan,mempertahankan, merawat, menata lebih baik lagi agar dapat dipergunakan dan dinikmati oleh generasi.

“Berikutnya adalah tugas generasi kita saat ini,demi kebangkitan kesejahteraan hidup dan berkehidupan yang sejahtera dan tenteram,”pungkasnya.

IMG 20201011 WA0015

Sementara Ilham Nor menuturkan bahwa,sudah semestinya demikian dilakukan generasi penerus. Sebab, pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan, bukanlah sekadar mengerahkan kekuatan,tenaga, pikiran, waktu ataupun materi,tapi mereka juga berkorban nyawa.

“Disiksa, difitnah, dihujat, dihukum dan diasingkan. Hingga menemui ajalnya di tempat pengasingannya. Semua itu demi sebuah kemerdekaan untuk dihibahkan kepada anak cucu,”.

“Sebuah kemerdekaan yang mahal dan sangat berharga, karena dibayar dengan darah dan nyawa. Semboyan yang mereka pegang pun sangat menyentuh perasaan, ‘hidup atau mati!’. Hidup bagi mereka adalah perjuangan dan mati adalah hasil perjuangan,”tutur Ilham Nor.

Ia juga menegaskan, dengan menyusuri kembali usaha-usaha perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan, bukan berarti membuka kembali lembaran pahit perjalanan sejarah bangsa, hal ini dilakukan agar direkam di pikiran para generasi muda dan mereka harus menghargainya.

“Membangkitkan dan menumbuhkan kembali semangat berkebangsaan, membangkitkan rasa cinta tanah air dan menghidupkan kembali rasa kepedulian terhadap sesamanya,” tegasnya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Ungkap 59 Tersangka Narkoba, Polres Banjar Tertinggi Di Kalsel

Satuan Narkoba Polres Banjar beserta Jajaran dari 14 Polsek yang ada di Kabupaten Banjar berhasil mengamankan 59 orang tersangka kasus narkoba selama pelaksanaan Operasi...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kamu mungkin juga suka

Napak Tilas Sejarah Perjuangan Kyai Abdul Wahab Chasbullah

Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation (KWF) yang dilaunching pada tahun 2020 lalu di Ndalem Kasepuhan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambak Beras Jombang, hari...

Pilkada Serentak, Badrul Ain Sanusi Tegas Imbau Masyarakat Jauhi Praktek Politik...

Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu 9 Desember 2020 Besok mendapat perhatian dari Pengamat hukum asal Kalimantan Selatan, Badrul Ain Sanusi...

Pemuda Pancasila Kalimantan Selatan Dukung Pasangan Haris – Ilham

Dukungan untuk Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1 di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie - Ilham Nor, terus...

Haris-Ilham Akan Merancang Wisata Religi Di Kota Banjarmasin

Keberadaan Sampah yang berserakan di sekitar Taman Makam Pahlawan Pangeran Antasari membuat Calon Wakil Walikota Banjarmasin, Nomor Urut Satu, Ilham Nor, angkat bicara.Keberadaan sampah...